Pasar Zaman Now Mulai Bermasalah

RADAR JEMBER.ID – Pembangunan atau revitalisasi 12 pasar yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 menyisakan masalah besar. Kejaksaan Negeri Jember melakukan penggeledahan untuk mengungkap dugaan penyalahgunaan yang dilakukan oknum. Sebab, banyak masyarakat yang melaporkannya.

Penyelesaian pasar yang masih tertunda, seperti Pasar Manggisan, menjadi pertanyaan besar karena belum selesai hingga sekarang. Akibatnya, pasar tersebut tidak bisa dimanfaatkan.

Revitalisasi 12 pasar yang rata-rata dibangun sejak Oktober 2018 diproyeksikan selesai dalam jangka waktu 80 hingga 90 hari kerja. Sayangnya, pada saat tutup anggaran hingga 31 Desember 2019, hanya lima pasar yang tuntas tepat waktu. Yakni Pasar Petung, Pasar Menampu, Pasar Gebang, Pasar Mangli, dan Pasar Umbulsari

Tujuh pasar lain belum selesai. salah satunya Pasar Manggisan. Kemudian, proses pembangunannya dilanjutkan pada Januari 2019.

Tak hanya itu, perpanjangan juga dilakukan pada Februari 2019. Namun, meskipun sudah diperpanjang kali kedua, masih terdapat pasar yang tak selesai pembangunannya.

Adanya sejumlah pasar yang belum tuntas kontan membuat banyak pedagang dirugikan. Salah satunya Hamiya, pedagang di Pasar Manggisan. Dia mengaku, pendapatannya turun drastis akibat Pasar Manggisan tak bisa ditempati.

Dia ingin pemerintah mencari terobosan agar revitalisasi pasar yang tak selesai tidak semakin merugikan warga kecil. “Puasa lalu biasanya banyak yang membeli. Tetapi karena pasarnya tidak selesai, saya dan pedagang lain rugi besar,” ucapnya.

Belum selesainya pembangunan Pasar Manggisan juga sempat membuat anggota DPRD mendesak agar pemerintah memberi peringatan kepada rekanan atau kontraktor untuk menyelesaikan kewajibannya. Saat itu, Kepala Disperindag, yang masih dijabat oleh Anas Ma’ruf, menyebut, pihaknya kerap mengingatkan agar pembangunan pasar segera diselesaikan. Sayangnya, pembangunan Pasar Manggisan mangkrak dan beberapa pasar lain tak selesai sepenuhnya.

Pada pertengahan April 2019, Bupati Jember Faida juga sempat turun ke sejumlah pasar. Saat berada di Pasar Mangli, Faida menyebut dari 12 pasar yang direvitalisasi, sudah sembilan pasar yang siap ditempati. Artinya, masih ada tiga pasar yang belum tuntas pembangunannya. Pasar Manggisan menjadi salah satunya.

Tidak selesainya pembangunan pasar selanjutnya membuat banyak pedagang mengeluh. Bahkan, pedagang di Pasar Manggisan sudah hampir menyuarakannya dengan aksi. Namun, mereka masih tetap sabar hingga berita ini ditulis, kemarin.

Namun demikian, mangkraknya Pasar Manggisan dan telatnya sejumlah revitalisasi pasar banyak dikeluhkan dan diadukan masyarakat. Salah satu pengaduan itu juga masuk ke Kejaksaan Negeri Jember. Alhasil, revitalisasi 12 pasar masih menyisakan masalah besar. Salah satu yang benar-benar bisa dilihat yaitu Pasar Manggisan yang tak bisa dimanfaatkan oleh para pedagang. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Bagus Supriadi