Hampir Separuh KSP se Bondowoso sudah Terdaftar

Bidan Kontrak Dipastikan Daftar BPJS-TK

DISERAHKAN: Pihak BPJS-TK ketika menyerahkan secara simbolis santunan pada ahli waris Alm. Hariyanto, karyawan KSPS BMT UGT Cabang Botolinggo yang meninggal dunia.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) KCP Bondowoso Diponegoro telah menggelar sosialisasi program. Hasilnya cukup memuaskan. Tidak hanya bidan. Karyawan koperasi juga memastikan menjadi peserta.

Sosialisasi itu tentyang Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan Akuisisi kepesertaan kepada Bidan Kontrak dan Non-Aparatur Sipil Negara di lingkungan Dinas Kesehatan. Acara dibuka Sekretaris Dinas Kesehatan, Achmad Ghozali yang didampingi Kabid Kepegawaian dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Bondowoso di Aula Nirmala Bakti Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso.

Sekertaris Dinkes Achmad Ghazali menyampaikan, keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan menjadi sangat penting demi perlindungan Keselamatan kerja dan kematian para pegawai Non-ASN dilingkungan Dinas Kesehatan. “Seluruh bidan kontrak dan tenaga honorer Dinas Kesehatan akan didaftarkan kepesertaan,” katanya.

Hal itu dilakukan karena tugas mereka yang sangat beresiko mengalami kecelakaan kerja. Apalagi ketika melayani masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan tak mengenal jam kerja. Bahkan sering bepergian dari tempat kerja untuk keperluan pelayanan kesehatan.

Menurut Kepala BPJS-TK Bondowoso, Sasongko Adji, telah tercatat 25 Puskesmas dan 150 tenaga Ponkesdes telah terdaftar sebagai peserta BPJS. Untuk selanjutnya seluruh bidan kontrak dan tenaga honorer Dinas Kesehatan serta tenaga BOK akan didaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Dilain acara, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan sosialisasi manfaat program pada seluruh Koperasi Simpan Simjam (KSP) Se Kabupaten Bondowoso yang berjumlah 18 KSP di Aula Dekopinda Kabupaten Bondowoso.

Hadir Pula Kepala Bidang Koperasi dari Diskoperindag. Pada kesempatan itu, KSP-KSP diapresiasi karena sudah terdaftar dalam kepesertaan karena memahami manfaat yang laur biasa.

Diketahui bahwa tercatat baru 14 KSP yang aktif menjadi peserta. Itu dari total 40 KSP beserta cabangnya. Diharapkan bagi KSP yang belum menjadi peserta agar mendaftarkan diri untuk mengikutsertakan seluruh tenaga kerjanya.

Ketua Pusat Koperasi Simpan Pinjam, Suprapto, akan mendorong pendaftaran Bagi KSP-KSP yang belum menjadi peserta.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan simbolis santunan jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun sebesar Rp 30.535.400. Diterima oleh ahli waris Alm. Hariyanto. Tak lain adalah karyawan KSPS BMT UGT Cabang Botolinggo yang meninggal dunia.

BPJS Ketenagakerjaan terus mensosialisasi manfaat program. Baik untuk tenaga kerja formal maupun informal. Seperti diketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki 4 Program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. (*)

IKLAN

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Istimewa

Editor : Hafid Asnan