Warga Serahkan Burung Merak ke BKSDA

DISERAHKAN KE BKSDA: KH Lutfi Achmad (peci putih) saat menyerahkan dua ekor burung merak kepada Budi Harsono dari BKSDA Jember.

RADAR JEMBER.ID – Dua ekor burung merak diserahkan warga kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember. Merak itu diserahkan oleh KH Lutfi Achmad, pengasuh Pondok Pesantren Madinatul Ulum Cangkring, Jenggawah, Selasa (18/6) kemarin.

Sebelumnya, dirinya mendapatkan merak tersebut dari salah seorang wali santri asal Banyuwangi. Karena kondisi satwa yang kurang sehat, pengasuh ponpes memutuskan untuk merawat burung eksotis tersebut selama kurang lebih satu bulan. “Sehingga memerlukan pemulihan atau menyesuaikan dengan lingkungan,” ujar Lutfi.

Dua ekor merak ini, kata Lutfi, kondisinya sangat lemah waktu dibawa ke pondok. Karena itu, dirinya memutuskan untuk memelihara sampai benar-benar sehat. “Saya tidak tahu dari mana asal burung merak itu didapat, yang jelas, ketika menerima dua ekor burung, langsung kami pelihara dulu,” ujarnya.

Pondok pesantren tersebut memang kerap menerima satwa yang dilindungi, dari keluarga santri yang mondok di sana. Namun, Lutfi tak lantas menyerahkan hewan-hewan ini kepada BKSDA, melainkan dirawat terlebih dahulu hingga benar-benar sehat. Sebelumnya, pihaknya juga pernah menyerahkan burung kasuari yang juga tergolong hewan dilindungi, kepada BKSDA Jember.

IKLAN

Sementara itu, Budi Harsono, Kepala Resort BKSDA Jember mengungkapkan, dua merak yang dilindungi itu nanti akan ditempatkan di tempat penangkaran. Namun, untuk sementara masih diamankan di kantor BKSDA Wilayah III Jember. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti