BPC Gapensi Gelar Muskercab V Kemarin

Tampung Keluhan Anggota Jasa Konstruksi

MENCARI SOLUSI: Muskercab V BPC Gapensi Jember menampung keluhan para anggota tentang pelelangan di Jember .

RADAR JEMBER.ID – Berbagai aspirasi tentang usaha jasa konstruksi di Jember disampaikan oleh 159 anggota Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Jember. Mereka menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) V di aula hotel Bintang Mulia, kemarin (19/6). “Banyak keluhan yang kami tampung dari anggota kami,” kata ketua BPC Gapensi Jember Ninis Fardiani.

Salah satu keluhannya adalah tentang syarat lelang yang cukup banyak dan rumit. Seperti tenaga yang harus berjumlah sepuluh personalia dalam satu paket.

Selain itu, mereka mengeluhkan tentang waktu pelaksanaan pelelangan yang singkat. Mereka meminta agar bisa diperpanjang. “Itu memang tidak menyalahi aturan, tapi dirasa waktunya belum cukup,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Ninis, anggota juga menginginkan adanya penunjukan langsung (PL) proyek di Jember. Selama ini, belum ada pekerjaan yang ditunjuk secara langsung. “Ada juga tentang alat berat yang ada di Dinas PU Bina Marga agar bisa disewakan,” terangnya.

Selama ini, pihak kontraktor kesulitan untuk meminjam alat berat guna mengerjakan proyek. Bila milik Dinas PU Bina Marga bisa dipinjamkan, akan meringankan pekerjaan para kontraktor. “Anggota bilang, sekarang tidak bisa sewa alat berat, seperti silinder. Sementara ada pekerjaan swasta yang harus diselesaikan,” paparnya.

Mereka ingin pengerjaan proyek itu bisa dipermudah tanpa harus menyalahi aturan. Untuk itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan asosiasi jasa konstruksi lain dan pemerintah untuk mencari solusi. Sebab, BPC Gapensi Jember sendiri memberikan pelayanan pada anggotanya. Mulai dari pelayanan administrasi syarat lelang, syarat mengurus perpanjangan administrasi badan usaha, serta pelatihan bagi anggota untuk mengikuti lelang. “Pelatihan sertifikasi tenaga ahli sebagai syarat lelang,” akunya. Apa pun yang dibutuhkan anggota untuk mendapatkan pekerjaan di bidang konstruksi difasilitasi.

Sementara itu, Dedi Kuswanto, Wakil Ketua I BPC Gapensi menambahkan, Muskercab V itu menjadi momentum untuk melakukan evaluasi dalam selama setengah perjalanan kepengurusan. “Keluhan anggota memang tiadanya penunjukan langsung,” akunya.

Namun, lanjut dia, di era digital sekarang, pelelangan banyak dilakukan secara daring (online). Anggota yang tidak mengerti cara lelang secara daring, mereka kebingungan. “Untuk itu, kami latih mereka,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Bagus Supriadi

Editor : Bagus Supriadi