Mantapkan Teknis CBT di setiap Ujian

KONSENTRASI: Pelatihan guru-guru di SMA 2 Jember sebagai persiapan penerapan setiap ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT).

TEGALBOTO – Konsep computer based test atau akrab dengan sebutan CBT merupakan sistem ujian yang tidak lagi menggunakan kertas. Sistem yang biasa diterapkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional (Unas).

Kendati belum semua sekolah menerapkan sistem CBT kala Unas, beberapa sekolah kini mulai menyiapkan sistem CBT untuk setiap kegiatan ujian. Salah satunya yang tengah dipersiapkan SMA 2 Jember. Sekolah tersebut memantapkan CBT untuk semua kegiatan ujian.

Perencanaan dan kesiapan itu dibenarkan Waka Kurikulum SMA 2 Jember Nitya Jwalitia. Ia mengatakan, perencanaan CBT untuk setiap ujian sudah hampir selesai. “Kesiapan saat ini sudah 97 persen,” jelasnya, saat ditemui selesai mengisi pelatihan persiapan guru mengajar di era Revolusi Industri 4.0. Pelatihan ini berakhir lusa (18/6) kemarin, di SMA 2 Jember.

Ia menyebutkan, dalam pencapaian finish pelaksanaan sistem CBT ada 6 tahap yang dilakukan. Mulai dari perencanaan sampai mengadakan pelatihan ke setiap guru tentang cara mengunggah soal. ”Mulai dari awal perencanaan, kami tentukan seberapa persen kesiapan untuk melaksanakan CBT di setiap ujian. Dan mendapat respons baik dari siswa hingga guru-guru,” tuturnya.

Dia mengucapkan syukur atas respons baik terkait perencanaan penerapan sistem CBT itu. “Sosialisasi kita lakukan terhadap siswa. Perwakilan kelas, ketua kelas, menginformasikan ke temannya untuk membawa laptop pada saat sosialisasi,” ujarnya.

Sistem CBT itu sendiri direncanakan akan dilaksanakan sekitar akhir November atau awal Desember. Dia berharap CBT akan berjalan lancar baik. “Untuk siswa yang masih belum mempunyai laptop, bisa meminjam ke temannya. Dan setiap siswa harus membantu siswa lain terkait meminjamkan laptop,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Sholih