Bupati Thoriq Ajak Seriusi Kerjasama dengan TN-BTS

BANGUN SINERGITAS : Bupati Lumajang H Thoriqul Hhaq ketika menghadiri diskusi pengembangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Probolinggo.

LUMAJANG RADARJEMBER.ID – Masih belum tertanganinya beberapa obyek wisata dengan maksimal khususnya yang memiliki potensi menjadi wisata unggulan daerah rupanya mendapat perhatian serius. Tidak terkecuali salah satunya wisata Ranupane. Untuk itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menginginkan adanya kajian mendalam mengenai bagaimana memperkenalkan wisata alam tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

“Keinginan saya wisata Ranupane ini bisa menjadi wisata unggulan Lumajang,” kata bupati saat menghadiri diskusi pengembangan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jiwa Jawa Resort Bromo, Desa Wonoroto, Kecamatan Sukapura, Probolinggo, kemarin.

Kendati demikian, pemerintah daerah terlebih dahulu diminta melakukan usaha duduk bersama dengan membicarakan persoalan ini dengan sesama pemerintah yang berada di luar Lumajang. Hal ini mengingat kawasan wisata Ranupane sendiri masuk dalam wilayah TNBTS. Yang mana berdasarkan ketentuan wilayah TNBTS sendiri di dalamnya juga meliputi Kabupaten Probolinggo, Malang dan Pasuruan.

Menyikapi hal ini, bupati mengharapkan adanya kesadaran untuk segera duduk bersama mencari formula tepat dalam mangatasi permasalahan. Terlebih, kelestarian wilayah TNBTS harus menjadi hal yang tetap diutamakan terlepas dari keinginan masing-masing setiap daerah melakukan akuisisi seutuhnya terhadap teritorial wisata yang berdasarkan pada batas wilayah daerah.

“Saya menyadari betul bahwa setiap obyek wisata memiliki persoalan. Dalam hal ini wisata yang masuk dalam TNBTS. Sebabnya, semua pihak harus bersama menjaga kelestarian TNBTS sebagai poin yang utama,” ajak bupati.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Balai Besar TNBTS, Jhon Kenedie bahwa permasalahan wisata yang bersinggungan langsung dengan beberapa kabupaten harus senantiasa mengedepankan kearifan lokal.

Penguatan pemahaman mengenai keberagaman budaya haruslah dipertahankan demi terpeliharanya keseimbangan alam khususnya terhadap destinasi wisata yang masuk TNBTS. “Upaya pengintegrasian pastinya berdampak positif terhadap keseimbangan dibalik kepentingan konservasi kawasan TNBTS,” ungkapnya.

IKLAN

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan