Usulkan Pelebaran Jalan Mangli-Rambipuji

TERSENDAT: Warga berharap jalan raya nasional mulai perempatan Mangli hingga Rambipuji diperlebar, karena arus lalu lintas kerap tersendat

RADAR JEMBER.ID – Padatnya kendaraan di perempatan Mangli, Kecamatan Kaliwates, hingga Desa/Kelurahan Rambipuji, bukan rahasia lagi. Setiap pagi, siang, sore, dan malam hari, jalan raya nasional tersebut menjadi salah satu jalur terpadat di Kabupaten Jember. Tak heran, arus lalu lintas di lokasi itu menjadi tersendat.

Pantauan Radarjember.id, penyebab utama tersendatnya arus lalu lintas karena banyaknya kendaraan yang melintas di lokasi. Mulai dari kendaraan roda dua, becak, mobil, angkutan umum dalam kota atau antarprovinsi, serta kendaraan pengangkut barang yang sama-sama menggunakan ruas jalan tersebut.

Selain itu, jalur tersebut juga menjadi salah satu lokasi pertemuan sejumlah kendaraan yang datang dari berbagai arah. Perempatan Mangli misalnya. Di lokasi ini ada yang datang dari arah Panti, Jember Kota, Kaliwates, dan sekitarnya, serta dari arah Ajung yang banyak kendaraan barang. Sementara itu, kondisi jalan nasional di lokasi tersebut tak selebar jalan yang menuju Kota Jember.

Menurut Afiasari, 34, warga Rambipuji, jalur nasional Mangli-Rambipuji sering kali tersendat. Hal itu selayaknya menjadi perhatian pemerintah agar ada penanganan lebih dini sehingga arus kendaraan di jalan itu bisa lebih lancar. “Saya kira sudah layak jalan raya ini diperlebar lagi. Jangan dibiarkan, karena arus lalu lintas sudah sering macet,” kata perempuan satu anak itu.

Menurutnya, usulan agar jalan diperlebar sudah harus dilakukan. Tak hanya itu, usulan jalan diperlebar juga harus dilakukan pemerintah kabupaten kepada pemerintah di atasnya. “Saya kira sudah banyak pegawai negeri yang juga melintas dan merasakan macetnya jalan Mangli-Rambipuji. Paling tidak pegawai negeri bisa mengusulkan. Jangan dilihat saja,” ucapnya.

Sementara itu, warga lainnya, Saniman, juga memiliki pemikiran yang sama. Salah satu solusi agar arus lalu lintas tidak macet di Mangli-Rambipuji yakni dengan memperlebar jalan. Kalau tidak segera diperlebar, kata dia, pasti akan tambah macet. “Setiap hari atau setiap tahun jumlah kendaraan bertambah karena penduduknya juga bertambah. Usulan kami, jalan diperlebar saja,” jelasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih