STAI Al-Qodiri Buka Prodi Baru

Bersiap Alih Status Jadi Institut

BERTRANSFORMASI: Mahasiswa STAI Al-Qodiri tengah berdiskusi di sela-sela kegiatan kampus. Periode ini kampus yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Qodiri ini menyiapkan berbagai syarat untuk beralih status menjadi institut.

RADAR JEMBER.ID – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Qodiri Jember membuka beberapa program baru. Ini untuk mempersiapkan kampus yang berada di Kecamatan Patrang ini menjadi institut agama Islam bukan lagi sekolah tinggi. Pergantian status tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di kampus setempat.

Ketua STAI Al-Qodiri Jember Dr Asmad Hanisy mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah mempersiapkan berbagai dokumen sebagai syarat pergantian status. Sejauh ini, kata dia, dokumen yang dibutuhkan itu sudah dikirim ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk disetujui. “Semoga saja bisa segera klir, sehingga segera beralih status,” katanya.

Menurut dia, selain mempersiapkan dokumen, pihak kampus juga membuka program studi (prodi) baru. Ini sesuai dengan peraturan Kemenristekdikti Nomor 50 Tahun 2015 yang mempersyaratkan jumlah minimal prodi untuk beralih status menjadi institut. “Salah satu syaratnya terdiri paling sedikit enam program studi pada program sarjana. Dan kita sudah persiapkan itu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Asmad Hanisy berharap, bersamaan dengan dibukanya pendaftaran mahasiswa baru tahun ini, jumlah pendaftar meningkat dibanding tahun sebelumnya. Ini akan mendukung upaya peralihan status kampus yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Qodiri tersebut. (*)

IKLAN

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : Nurul Azizah

Editor : Mahrus Sholih