Febriana Dwi Puji Kusuma Sudah Kembali ke Pelatnas PBSI

Tugas Latihan di Libur Lebaran

FOKUS PELATNAS: Febriana Dwi Puji Kusuma, satu-satunya pebulu tangkis putri asal Jember yang masuk Pelatnas PBSI Cipayung. Selama libur Lebaran lalu, dia tetap berlatih rutin.

RADAR JEMBER.ID – Febriana Dwi Puji Kusuma tak bisa berleha-leha. Sepulang dari berkumpul bersama keluarganya di Jember dalam momentum hari raya Idul Fitri, dia harus kembali ke Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) di Cipayung, Jakarta Timur. Perempuan yang akrab disapa Ana ini harus kembali menjalani rutinitas latihan intensif.

Perempuan berusia 17 tahun ini harus sudah kembali bergabung bersama tim Pelatnas PBSI bulu tangkis. “Sekarang (kemarin, Red) saya sudah kembali ke Pelatnas,” tutur pebulu tangkis alumnus klub PB. Smash ini.

Selama berkumpul bersama keluarganya pun, Ana wajib menjaga pola makannya. Itu agar sepulang dari Jember, berat badannya tidak bertambah, untuk bisa mengimbangi porsi latihan rutin.

Selain itu, peraih medali emas dalam Asia Junior Championship tahun lalu ini, juga memperhatikan kebugaran fisiknya. Yakni dengan tetap latihan sendiri di rumah. “Selama libur Lebaran di rumah, saya dapat tugas untuk tetap latihan,” jelas Ana.

Hal itu karena semua atlet pun harus memperhatikan benar berat idealnya di saat momen Lebaran. Sebab, banyaknya pilihan makanan dapat menambah berat badan. Itu tentu bisa berakibat buruk bagi seorang atlet. Maka dari itu, dia harus banyak beraktivitas fisik untuk membakar kalori.

Di pelatnas, Febriana bermain di ganda putri. Dengan dipasangkan bersama Ribka Sugiarto sejak tahun 2014 lalu hingga sekarang. Ana juga satu-satunya pebulu tangkis asal Jember yang saat ini masuk dalam Pelatnas PBSI.

Pelatnas Cipayung sendiri sudah tak diragukan lagi untuk urusan mencetak pebulu tangkis andal bagi Indonesia. Nama-nama pebulu tangkis nasional seperti Jonathan Christie dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon adalah beberapa nama yang menjadi jebolan Pelatnas Cipayung. (*)