Grandong Berubah Fungsi

BERBAHAYA: Grandong atau truk rakitan digunakan untuk mengangkut orang di wilayah Puger. Selain tak layak jalan, angkutan jenis ini juga menyalahi aturan lalu lintas.

RADAR JEMBER.ID – Grandong atau truk rakitan yang sesungguhnya tidak laik jalan sudah berubah fungsi. Jika sebelumnya hanya digunakan mengankut barang, kini justru digunakan untuk mengangkut orang. Ini terlihat di wilayah pinggiran, tepatnya di Dusun Mojosari, Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger.

Bahkan, di jok depan bersama sopir, ada sekitar 4 orang. Sedangkan di bak belakang ada puluhan penumpang yang berdiri dan duduk. Padahal, kendaraan tersebut tidak layak jalan. Sebab, biasanya hanya digunakan untuk angkut pasir dan muatan kayu.

Tapi beberapa hari ini, sejak H+3 Lebaran, grandong malah berfungsi menjadi alat angkut orang untuk anjangsana dan pergi ke tempat wisata. Bahkan, melintas di jalan raya.

Pantauan Jawa Pos Radar Jember, saat jalan yang menanjak, kendaraan itu sudah tak kuat berjalan. Apalagi jumlah penumpangnya cukup banyak. Itu karena mesin penggerak hanya menggunakan disel bersilinder tunggal yang berbahan bakar solar. (*).