Siang Ini Pelantikan KPU Terpilih di Surabaya

Didominasi Wajah Lama

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Tuntas sudah proses rekrutmen KPU Kabupaten Lumajang. Proses yang berjalan lebih dari dua bulan itu kemarin menetapkan lima nama komisioner terpilih. Nanti siang dijadwalkan bakal dilantik. Hasilnya, nyaris dikuasai wajah-wajah lama.

Tahap terakhir memilih lima nama dari sepuluh calon sempat simpang siur. Ada kabar yang beredar bakal diumumkan pada Selasa (11/06). Namun ternyata, pengumuman baru diketahui beredar luas lewat media sosial itu pagi kemarin.

Dari lima calon yang lolos berdasarkan peringkat lima besar, ternyata didominasi wajah-wajah lama. Dua berasal dari incumbent periode 2014-2019. Yakni Siti Mudawiyah dan Yusuf Adi Pamungkas. Dua komisioner 2009-2014 Yuyun Baharita dan Nur Ismandiana.

Hanya ada satu pendatang baru, yakni Sohudi. Sementara lima calon lainnya berada di urutan keenam sampai sepuluh sebagai cadangan. Mereka antara lain Hasyim Asyari, Muhammad Ridhol Mujib, Nizar, Nur Kholis, Suprapti.

Siti Mudawiyah, Ketua KPU Lumajang, yang juga terpilih lagi kemarin sempat dikonfirmasi. Ia menyatakan, pengumuman yang beredar di media sosial itu telah dicek kebenarannya. “Iya memang benar itu hasilnya,” katanya.

Dia menjelaskan, agenda berikutnya adalah pelantikan. “Setelah sekretariat KPU kroscek ke KPU Jatim ternyata diketahui pelantikannya Rabu siang (13/06) jam 13.00,” katanya. Semua yang terpilih nanti akan dikoordinasi oleh sekretariat KPU berangkat bersama.

Perempuan yang bakal mengakhiri masa lajang pada 20 Juni mendatang ini menjelaskan bahwa memang belum ada kepastian tempat. Baru diketahui kepastian tempatnya tadi malam. Yakni di Hotel JW Marriot Surabaya.

Pelantikan tidak hanya satu kabupaten. Melainkan bersama dengan puluhan Kabupaten/Kota yang menggelar seleksi KPU. “Jadi pelantikannya bersamaan dengan daerah lain,” ujarnya siang kemarin.

Yuyun Baharita, calon yang juga terpilih, kemarin turut memberikan penjelasan. Dia menerima informasi sekitar jam 08.00 pagi kemarin. “Saya dapat informasi dari teman-teman. Dan memang benar,” katanya.

Dia mengaku bahwa berdasarkan ketentuan memang peringkat satu sampai lima berhak dilantik menjadi komisioner periode 2019-2024. Urutan keenam sampai sepuluh menjadi cadangan. “Kabarnya besok (hari ini, Red) siang pelantikan di Hotel JW Marriot. Sudah dipastikan dan sudah menerima undangan,” katanya. (*)

IKLAN

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer :

Editor : Hafid Asnan