Air Terjun Rengganis Terkendala Akses Jalan

Wisata Eksotis tapi Sepi Peminat

MASIH ALAMI: Suasana di tempat wisata Air Terjun Rengganis yang mulai dijamah masyarakat setelah dibuka beberapa bulan lalu.

RADAR JEMBER.ID – Jember selain dikenal sebagai Kota Tembakau, juga memiliki destinasi wisata alam yang menarik. Tak hanya keindahan pantainya, namun juga keindahan di daerah pegunungan. Kawasan dataran tinggi di Jember juga tak kalah menarik.

Seperti pemandangan di wisata Air Terjun Rengganis. Tempat wisata yang berlokasi di kaki Gunung Argopuro, Dusun Pakis Utara, Desa Pakis, Kecamatan Panti, ini menyimpan keindahan sendiri bagi masyarakat yang mengunjunginya.

Namun, tak seperti kebanyakan wisata dataran tinggi lainnya di Jember, wisata Air Terjun Rengganis masih sepi peminat. Menurut Ahmad Rofiki, salah seorang warga yang tinggal di daerah tersebut, lokasi yang sulit diakses menjadikan tempat tersebut tak ramai dikunjungi pelancong.

“Kalau setiap harinya tidak mesti. Yang ramai biasanya akhir pekan atau hari Minggu. Ada sekitar 20-30 orang,” katanya.

Dia menambahkan, sebenarnya lokasi tersebut tak terlalu jauh. Namun, karena medan yang dilewati cukup menantang, mengharuskan pengunjung menambah waktu tempuh mereka “Perjalanan dari kota sekitar dua jam. Sebenarnya jalannya dekat, cuma yang bikin lama itu kondisi jalan batu dan tanjakan,” jelasnya. (*)