Wilayah Perbatasan Dapat Kemudahan

MASIH LOWONG : Suasana pendaftaran murid baru di sejumlah SMA yang ada di Lumajang pada hari pertama kemarin masih lowong. Masih terlihat sepi

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA dimulai kemarin. Memang tidak terlihat penumpukan atau antrean panjang pendaftaran. Situasinya masih sepi-sepi saja. Kali ini ternyata ada kebijakan baru. Yakni kemudahan pada wilayah irisan attau perbatasan. Mereka bisa daftar ke tetangga daerah.

Di Lumajang terbagi menjadi dua zona. Yakni Zona 1 dan Zona 2. Lilik salah satu panitia PPDB di SMAN 1 Lumajang menjelaskan jika ada kemudahan tahun ini. bahwa wilayah irisan atau wilayah perbatasan mendapatkan kemudahamn. “Untuk yang menjadi warga Kencong misalnya, mereka bisa mendaftar dan sekolah di wilayah Yosowilangun,” ungkapnya.

Pihaknya memang baru kemarin membuka pendaftaran. Dia juga mengakui jika tidak bisa memperkirakan berapa minimal danem yang diterima. “Kita hanya mendata, mengambil pin, nanti anak-anak daftar di rumahnya masing-masing. Nanti yang menentukan ya dari Provinsi,” ungkapnya.

Di sekolah negeri kata dia tidak ada pendaftaran gelombang kedua. “Kami tidak tau dengan sekolah-sekolah yang lain. Jadi kalau tidak diterima ya tidak diterima begitu,” tambahnya. Menurutnya, ada Pagu 324 siswa di SMAN 1 Lumajang. Yang setiap kelasnya ada 36 murid perkelas.

Pendaftaran offline kata diua hanya terbagi pada tiga jalur. Yakni jalur mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu. Kedua dari jalur berprestasi. Dan ketiga  adalah berasal dari jalur mutasi. (*)

IKLAN

Reporter : mg2

Fotografer : mg2

Editor : Hafid Asnan