Ludes Terjual di Acara PRJ

Warga Jakarta Kepincut Replika Bonsai Jember

MAMPU BERSAING: Kerajinan limbah tembaga dan paralon bakar buatan Roni Efendi, pemuda asal Jember, rupanya digemari warga Jakarta yang berkunjung di acara PRJ di JIE Expo Kemayoran, Jakarta Pusat

RADAR JEMBER.ID – Selama mengikuti kegiatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) sejak tanggal 22 Mei sampai 10 Juni, produk kerajinan asal Kabupaten Jember laris manis dibeli oleh pengunjung di pameran yang bertempat JIE Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Kerajinan itu berupa replika bonsai bulan sabit dan bulan purnama yang terbuat dari limbah tembaga.

Roni Efendi, salah satu peserta pameran PRJ dari Kabupaten Jember mengungkapkan, di pameran tersebut dia membawa kerajinan tembaga dan paralon bakar. Di luar dugaan, kerajinan limbah bekas itu diminati oleh pengunjung PRJ. Padahal, Roni hanya membawa 100 kerajinan hasil produksinya itu.

“Kerajinan tembaga dan pipa paralon bakar menarik perhatian pengunjung PRJ. Mereka menilai kerajinan ini cukup unik dan tidak pernah ada sebelumnya,” ujar Roni.

Bahkan, tak sedikit pengunjung pameran yang memperingati ulang tahun Jakarta itu menyatakan ingin belajar membuat kerajinan tersebut. Roni pun mengaku dengan senang hati menyambut respons itu. Lantas dirinya memeragakan bagaimana cara merangkai limbah tembaga menjadi sebuah replika bonsai berbentuk bulan sabit maupun bulan purnama.

“Beberapa pengunjung memborong replika bonsai yang berbahan dasar kawat tembaga. Selain untuk dipajang sebagai hiasan rumah, juga dibagikan kepada teman-temannya sebagai hadiah,” imbuhnya.

Meski tidak murah harganya, yakni antara Rp 350 ribu hingga Rp 450 ribu, kerajinan buatan warga Jl KH Ahmad Shidiq, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates itu, dalam kurun waktu 10 hari menjadi rebutan pengunjung PRJ. Ini membanggakan, karena produk kerajinan dari Kabupaten Jember ternyata mampu bersaing di tingkat nasional dan memiliki nilai jual tinggi. (*)

IKLAN

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Hadi Sumarsono