Tambah Pasokan LPG 3 Kg

TAMBAH PERSEDIAAN: Ketersediaan gas LPG 3 kilogram terus dipantau agar tetap aman pasca Lebaran sekarang.

RADAR JEMBER.ID – Permintaan gas LPG 3 kilogram (kg) cukup tinggi di wilayah Sekar Kijang, termasuk Jember. Tak hanya menjelang Lebaran, namun juga terjadi pasca hari raya Idul Fitri. Untuk itu, Pertamina Marketing Operation Region V menambah pasokan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Mulai dari daerah Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, hingga Situbondo. “Tanggal 7 Juni lalu kami sebanyak 47.040 tabung atau sebesar 26 alokasi harian,” kata Rustam Aji selaku unit manager communication & CSR MOR V Jatimbalinus.

Kemudian, kata dia, pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 juga ditambah masing-masing sebanyak 41.800 tabung dan 65.880 tabung atau sebesar 23 persen dan 36 persen alokasi harian. “Tanggal 10 Juni 2019, kami salurkan tambahan lagi sebanyak 27.440 tabung atau sebesar 15 persen alokasi harian,” terangnya.

Rustam mengaku, saat kondisi normal, konsumsi LPG 3 kg di daerah Sekar Kijang rata-rata sebanyak 184.200 tabung per hari. Saat Lebaran lalu, pihaknya menyiapkan tambahan 36.432 tabung atau 20 persen dari alokasi reguler harian.

Diakuinya, LPG 3 kg di wilayah Sekar Kijang disuplai dari Depot LPG Banyuwangi, disalurkan melalui 16 SPPBE yang tersebar di wilayah tersebut. Agar ketersediaan LPG aman sampai ke konsumen, Pertamina terus memonitor stok LPG 3 kg. “Kami juga memastikan jalur distribusi aman sampai ke konsumen,” ucapnya.

Salah satu upayanya adalah dengan membentuk tim Satgas Pertamina yang terus bertugas sampai dengan H+15 Lebaran. Tujuannya untuk  terus memantau distribusi dan penjualan LPG 3 kg di lapangan.

Pertamina mengimbau kepada masyarakat untuk membeli LPG di agen dan pangkalan resmi Pertamina. Hal itu agar mereka tetap mendapat harga yang sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan di masing-masing pemerintah daerah.  (*)