Kunjungan Museum Kereta Api Naik 300 Persen

Gelorakan Patriotisme Generasi Muda

WISATA SEJARAH: Salah satu pengunjung saat menikmati koleksi Museum Kereta Api Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Bondowoso dikenal sebagai daerah yang kaya akan destinasi wisata sejarah, selain juga wisata alamnya. Salah satu destinasi wisata sejarah yang cukup strategis adalah Museum Kereta Api Bondowoso. Sejarah yang terkandung dalam museum ini erat kaitannya dengan spirit patriotik dalam merebut dan kemerdekaan Indonesia. Momen sejarah itu adalah tragedi Gerbong Maut yang gaungnya saat itu sampai ke negeri Belanda.

“Saya sering ke museum ini, dan belum pernah bosan, karena suasananya bisa merefleksikan spirit pengorbanan para pahlawan pendahulu kita,” ujar Trio Budiman, salah satu pelajar yang siang kemarin berkunjung ke museum.

Trio yang merupakan pelajar salah satu SMA di Bondowoso itu memilih berlibur ke museum untuk mengisi sisa hari liburnya. Pasalnya, kedua orang tuanya sejak Senin kemarin sudah masuk kerja. “Daripada bengong di rumah, mending jalan-jalan ke sini bareng temen-temen,” ujar pengagum Jenderal Sudirman ini.

Tak sekadar melihat-lihat, sebelum berangkat ke museum, Trio terlebih dulu membaca dan melakukan riset kecil-kecilan seputar peristiwa Gerbong Maut. “Ya walaupun di sini gerbongnya cuma replika sih. Tapi koleksi lainnya lumayan menarik,” papar Trio.

Selain koleksi terkait peristiwa Gerbong Maut, museum ini juga mengoleksi beberapa hal terkait kolonialisme di bumi Bondowoso. Hal ini karena dibangunnya stasiun kereta api beserta jaringannya amat lekat dengan kepentingan kolonial. “Karena dulu Belanda membangun jaringan kereta api untuk mengangkut hasil bumi seperti tembakau dari Bondowoso ke pelabuhan,” papar Aang Prajianto, salah satu penjaga museum.

Pada musim libur seperti ini, pengunjung museum memang mengalami lonjakan hingga 300 persen. Museum yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore ini juga tidak libur saat tanggal merah, seperti libur Lebaran kemarin. “Karena kita juga melayani penjualan tiket kereta api, meski di sini sudah tidak dilewati kereta api. Jadi, jam bukanya sama seperti stasiun pada umumnya,” papar Aang.  Mulai Senin kemarin, PNS dan sebagian besar karyawan swasta memang sudah mulai masuk beraktivitas kerja. Namun, sekolah baru akan masuk pada akhir pekan ini. (*)

IKLAN

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Adi Faizin

Editor : Narto