Saling Bermaafan di Acara Halalbihalal

Senyum Tulus Bupati Sambut Ribuan Warga

AKRAB: Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan Wakil Bupati Drs KH Muqit Arief menggelar open house di Pendapa Wahyawibawagraha

RADAR JEMBER.ID – Pemerintah Kabupaten Jember menggelar halalbihalal pada hari pertama masuk kerja di Pendapa Wahyawibawagraha, kemarin (10/6). Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan Wakil Bupati Drs KH Muqit Arief kompak menyambut ribuan warga yang datang untuk bersalam-salaman.

Momen tersebut menjadi penting demi mempererat silaturahmi serta saling memaafkan pasca libur Idul Fitri 1440 Hijriah. Pada kesempatan itu, Bupati Faida didampingi suaminya, drg H Abdul Rochim. Begitu pula dengan Wakil Bupati Muqit Arief yang juga didampingi istrinya Hj Maimunah Muqit.

Halalbihalal yang digelar sejak pagi hingga siang tersebut dihadiri oleh aparatur sipil negara (ASN), baik yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun yang belum. Tak hanya itu, sejumlah instansi swasta, para tokoh, relawan, serta masyarakat umum juga hadir memanfaatkan open house yang dibuka bupati dan wabup di pendapa.

Banyaknya orang yang datang ke pendapa membuat antrean panjang dan membutuhkan waktu cukup lama. Meski demikian, Bupati Faida dan Wabup Muqit Arief tetap melaksanakan halalbihalal dengan senyum semringah. Warga yang terlihat membawa balita dan anak-anak pun, langsung diberi angpao secara khusus.

Menurut Bupati Faida, halalbihalal pada hari pertama masuk kerja seperti itu sudah rutin diadakan setiap tahun. Tujuannya tidak lain agar kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk saling bermaafan. “Pagi ini merupakan hari pertama masuk kerja. Kita gunakan untuk saling memaafkan, untuk melebur dosa serta kesalahan,” ujarnya.

Dikatakannya, pada pertama hari raya Idul Fitri 5 Juni 2019 lalu, bupati dan wakil bupati juga menggelar open house di rumahnya masing-masing. Nah, untuk hari pertama masuk kerja, juga melakukan open house di pendapa. “Hari pertama masuk kerja ini, saya dan wakil bupati open house di pendapa bersama keluarga. Bersilaturahmi bersama seluruh ASN, masyarakat, tetangga, para relawan, termasuk warga yang menerima maupun tidak menerima undangan. Kita beri kesempatan hari ini untuk bersilaturahmi, saling memaafkan bersama,” jelasnya.

Halalbihalal sengaja dilakukan karena menurutnya momen tersebut tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Sebab, di hari pertama masuk kerja suasana Lebaran masih ada, maka open house pun digelar. “Tidak setiap hari masyarakat bisa ketemu dengan bupati dan wabup, begitu juga sebaliknya. Pada hari ini kita bisa saling silaturahmi, melepaskan rindu, ya namanya juga berhubungan satu sama lain. Dalam pekerjaan maupun bermasyarakat, mungkin ada salah atau khilaf jadi bisa saling memaafkan. Kosong-kosong,” tegas Bupati Faida, sambil tersenyum.

Di hari pertama masuk kerja tersebut, Bupati Faida juga menegaskan akan memberi sanksi bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang tepat. “Kita tunggu untuk monitor seluruh ASN. Tentu kita akan evaluasi dan kita beri sanksi bagi yang membolos. Sudah cukup liburnya. Dan semua pegawai hari ini sudah harus masuk melayani masyarakat,” paparnya.

Bupati Faida berharap, sejak hari raya Idul Fitri, seluruh pegawai kembali bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Seusai Idul Fitri yang telah dilalui bersama, semua pegawai juga diharapkan kembali menata niat sucinya mengabdi kepada negara dan melayani masyarakat secara maksimal.

Sementara itu, Wakil Bupati Drs KH Muqit Arief menyampaikan, dalam menjalani kehidupan pasti ada kekeliruan. Untuk itu, apabila terus disimpan akan menjadi hal yang tidak nyaman. “Suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang sangat terasa sekali. Pastilah dalam komunikasi sehari-hari ada kesalahan dan kekhilafan. Ya kalau itu dibiarkan akan menjadi suasana tidak enak di dalam pikiran,” ucapnya.

Untuk itu, pada momen kali ini, semua salah dan khilaf dalam menjalani hidup sehari-hari harus segera dilepaskan dengan saling bersalam-salaman atau bermaaf-maafan. “Dengan saling memaafkan ini, akan tercipta suasana baru, lembaran baru, semangat baru. Dan itu merupakan sesuatu yang sangat produktif untuk meningkatkan kinerja kita ke depan,” tegasnya. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : Nur Hariri

Editor : Mahrus Sholih