Truk Tangki Mogok, Jalur Gumitir Macet

PROSES EVAKUASI: Truk tangki pengangkut BBM mengalami kerusakan di KM 37 Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kamis (6/6) malam.

RADARJEMBER.ID – Pengguna jalan yang melintas di jalur Gumitir, Kamis (6/6) kemarin, terganggu. Kesabaran mereka diuji karena arus dari dua arah, Jember-Banyuwangi dan sebaliknya, sempat tersendat beberapa jam. Ini setelah truk tangki pengangkut BBM mengalami kerusakan di jalur tersebut. Tepatnya, di KM 37 Dusun Gumitir, Desa Sidomulyo, Silo.

Truk bernopol P 9195 UV itu rusak pada bagian persneling. Akibatnya, truk tangki yang mengangkut 32 ribu liter mogok hingga mengakibatkan antrean panjang kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Truk dari arah Banyuwangi itu dikemudikan Sukarno, 46, warga Dusun Krajan, RT 001/ RW XII, Desa Wongsorejo, Banyuwangi.

Antrean kendaraan itu diperparah dengan padatnya pengguna jalan yang melintas pada H+2 Idul Fitri. Apalagi, mogoknya truk itu persis di jalan yang akan menikung dan menanjak. Sehingga semakin menambah kemacetan arus dari dua arah.

Informasi yang diterima, panjangnya antrean kendaraan itu terjadi di dua arah. Dari arah Banyuwangi, kendaraan mengular hingga di Kalibaru Manis. Sedangkan yang dari arah Jember, panjangnya antrean hingga di Desa Garahan, Silo. Sehingga untuk mengurai kepadatan arus tersebut, petugas memberlakukan sistem buka tutup.

Kondisi ini, membuat puluhan anggota Polantas yang sedang bertugas di Pospam Gumitir harus turun ke jalan. Mereka mengatur arus kendaraan agar kemacetan bisa diurai. Hal serupa juga dilakukan anggota polsek setempat. Mereka berjibaku mengatasi antrean panjang kendaraan di jalur rawan tersebut.

Selain itu, petugas juga berupaya mengevakuasi truk. Namun, besarnya kendaraan membuat petugas kesulitan. Sehingga aparat meminta operator truk tangki mengganti bagian kepala kendaraan itu dengan kepala truk tangki lain yang ada di Garahan.

Rupanya, upaya itu membuahkan hasil. Beberapa jam kemudian, tepatnya sekitar puku 23.00 WIB, petugas berhasil mengevakuasi kendaraan pengangkut BBM tersebut. “Rencananya BBM itu akan dikirim ke SPBU di wilayah Ajung,” ujar Ipda Suparman, Kanit Lantas Polsek Silo.

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih