Pasien Gagal Ginjal Cukup Banyak di RSU dr Koesnadi

Banyak yang Masih Usia Muda

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Pasien gagal ginjal yang menjalani proses hemodialisis (HD) atau cuci darah cukup banyak di Poli HD RSU dr Koesnadi Bondowoso. Setiap harinya, ada 30 pasien yang menjalani cuci darah. Para pasien ada yang berusia tua dan muda.

Penanggung jawab Poli HD dr Suharto Sp PD kepada Radarjember.id mengatakan, RSU dr Koesnadi adalah satu-satunya RS yang memiliki fasilitas mesin HD. ”Oleh sebab itu, semua pasien gagal ginjal di Bondowoso dirujuk ke RSU Koesnadi,” katanya.

Oleh sebab itu, di dalam ruangan HD akan terlihat banyak pasien yang menjalani cuci darah. ”Ada 15 unit mesin HD, sehingga kami membagi pasien menjadi 2 sif dalam proses cuci darah. Jadi, dalam sehari bisa melakukan cuci darah kepada 30 pasien,” katanya.

Diakui oleh Suharto, banyak sekali pasien gagal ginjal di Bondowoso. ”Mereka ada yang berusia muda dan tua,” katanya. Oleh sebab itu, Suharto memberi semangat kepada para pasien untuk selalu optimistis dalam proses penyembuhan. ”Pasien harus selalu optimistis dalam menjalani hidup. Karena umur itu yang menentukan Tuhan,” katanya.

Tidak heran jika Suharto membentuk komunitas bagi pasien gagal ginjal di RS. ”Mereka bisa berbagi sehingga beban hidup menjadi ringan,” katanya. (*)

IKLAN

Reporter : Gugah Eko Saputro

Fotografer : Istimewa

Editor : Narto