Ribuan Miras Dimusnahkan

DIMUSNAHKAN: Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama Wabup Jember KH Muchit Arief dan Dandim 0824 Jember Letkol (Inf) Arief Munawar, ikut menaiki alat berat untuk memusnahkan puluhan ribu botol miras di Alun-Alun Jember

RADAR JEMBER.ID – Dalam rangka antisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri, Polres Jember pemusnahan barang bukti miras, narkoba, dan okerbaya. Barang bukti itu adalah hasil dari Operasi Pekat Semeru 2019 dan Cipta Kondisi Kamtibmas menjelang hari raya Idul Fitri. Pemusnahan dilakukan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019.

Sedikitnya, barang bukti hasil Operasi Pekat Semeru 2019 berupa miras sebanyak 18.262 botol, puluhan ribu botol miras terdiri atas berbagai jenis arak 12.000 botol, mansion 900 botol, vodka 1.100 botol, bir 2.000 botol, anggur merah 1.462 botol, dan Ice Land 800 botol.

Selain miras, narkotika golongan satu jenis sabu sebanyak 9 klip atau plastik dengan berat 24,13 gram dan obat keras berbahaya (okerbaya) jenis Tryhexiphenidhyl berlogo Y sebanyak  13.210 butir dihancurkan. Puluhan ribu miras berbagai merek itu dimusnahkan dengan menggunakan alat berat milik PU Bina Marga Provinsi.

Pemusnahan juga disaksikan warga dan pelajar. Pemusnahan barang bukti disaksikan Wakil Bupati Jember, Dandim 0824, Ketua DPRD Jember, Kasi Intel Kajari Jember, Ketua Pengadilan Negeri Jember, Ketua MUI Jember, Tokoh Agama, dan tokoh masyarakat serta ormas.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan, pemusnahan barang bukti ini adalah hasil dari operasi selama bulan Ramadan di wilayah hukum Polres Jember. ”Terjadinya kecelakaan lalu lintas diakibatkan para pengendara mengonsumsi miras dan mengonsumsi obat-obat keras seperti okerbaya,” jelasnya.

Selain itu, karena dipengaruhi pil koplo, ganja dan sejenisnya, yang dapat memengaruhi akal sehat dan berhalusinasi sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Kusworo juga mengajak adanya kerja sama masyarakat dan instansi-instansi berkaitan untuk selalu memberikan informasi. “Apabila menemukan dan mengetahui adanya penjual dan pengedaran narkoba serta pil okerbaya, laporkan pada kepolisian,” ujarnya. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Hadi Sumarsono