Hasil Selama Operasi Pekat Semeru 2019

Dua Pekan, Ringkus 179 Tersangka

RILIS: Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah bersama tokoh masyarakat melakukan press release hasil Operasi Pekat Semeru 2019.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Sebanyak 179 orang diringkus Satreskrim Polres Bondowoso selama dua pekan. Dari total tersangka, 16 orang dijebloskan ke penjara. Terbanyak adalah pelaku Miras yang mencapai 106 tersangka, premanisme 44 tersangka, prostitusi 14 tersangka, perjudian 6 tersangka, narkoba 5 tersangka, dan kepemilikan bahan peledak 4 tersangka.

Polres Bondowoso menggelar press release seusai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di Polres Bondowoso, kemarin (28/5). Polres me-release tangkapan itu bersama Bupati Salwa Arifin, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Kajari Unaisi Hetti Nining, Kepala Kantor Kemenag Solihul Kirom, dan beberapa tokoh lainnya.

Kapolres AKBP Febriansyah mengatakan, Operasi Pekat Semeru 2019 dilaksanakan selama 12 hari. Terhitung 21 sampai 16 Mei 2019. Artinya, dilakukan selama bulan Ramadan. Ternyata penyakit masyarakat seperti meminum minuman keras, masih saja didapati. “Kami mendapatkan 111 kasus dengan 179 tersangka,” jelasnya.

Dijelaskannya, dari 179 tersangka, 16 orang dilakukan penahanan. Lainnya mendapatkan tindak pidana ringan. Sebab, kebanyakan adalah mereka yang menjual minuman keras. Untuk penjaringan prostitusi, polres bersama tokoh agama melakukan pembinaan.

Dari seluruh kasus, yang menonjol adalah kasus kepemilikan bahan peledak. Sebab, dari empat kasus, ada 4 tersangka yang total barang buktinya mencapai 1,51 kuintal. Polres menegaskan, pihaknya tidak main-main dengan bahan peledak. Sebab, akibat yang ditimbulkan akan sangat fatal. “Kami mengimbau, masyarakat menghindari pidana kepemilikan paham peledak, karena dapat dipidana,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin memberi imbauan jika masyarakat harus ikut menjaga keamanan dan ketertiban. Ketika ada tindak kejahatan di sekitarnya, harus langsung pro aktif melapor ke kepolisian, sehingga ada kerja sama yang bagus antara masyarakat dengan kepolisian. “Bondowoso aman, tenteram, dan nyaman,” terangnya. (*)

IKLAN

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Narto