Songsong Porprov, PBSI Gelar Pemusatan Latihan 

Siapkan Delapan Pebulu Tangkis

TETAP SEMANGAT: Sejumlah pebulu tangkis mendapatkan arahan dari pelatih di GOR Pelita Bondowoso. 

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Puasa tidak menyurutkan semangat penggiat bulu tangkis di Bondowoso dalam mempersiapkan diri menghadapi Porporv 2019. Menghadapi event yang tinggal beberapa minggu lagi itu, Pengkab Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Bondowoso pun sudah menggelar pemusatan latihan atau training centre (TC) secara intensif. “Kita tetap menggelar TC sesuai jadwal yang telah ditetapkan, meski ada beberapa penyesuaian. Tujuannya agar atlet kita nantinya lebih siap menghadapi Porporv 2019,” ujar Samsul Yulianto, tim kepelatihan PBSI Bondowoso saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Ijen.

TC yang digelar PBSI Bondowoso dimulai sejak tanggal 17 Mei hingga 2 Juli. Meski demikian, porsi latihan dikurangi selama bulan puasa. “Paling hanya sekitar 3 jam. Itu juga pada malam hari. Kita gelar TC di GOR Pelita setiap hari Jumat dan minggu,” tutur Samsul.

Adapun pada Hari Raya Lebaran, tim kepelatihan PBSI memutuskan memberikan jeda untuk berlibur, setidaknya selama satu minggu. “Setelah itu, tanggal 14 Juni kita mulai latihan lagi,” lanjut Samsul.

Selama puasa, jadwal latihan di geser menjadi malam dengan porsi latihan yang berkurang. Khususnya porsi latihan fisik yang dikurangi selama puasa. “Kalau selama puasa paling hanya sekitar 3 jam. Nanti kembali normal setelah puasa. Nanti setelah Lebaran akan kita genjot lagi porsi latihannya,” paparnya.

Pada Porprov kali ini, Bondowoso mengirimkan 8 atlet yang terdiri dari 6 atlet putra dan 2 atlet putri. “Memang nyari pebulu tangkis putri itu susah sekali. Tidak hanya di Bondowoso, tapi juga di seluruh Jatim,” pungkas Samsul. (*)