Ketua KPU Tak lolos Lagi

3 Wajah Lama Masuk 10 Besar

RADARJEMBER.ID – Seleksi calon anggota Komisioner KPU Jember untuk periode 2019-2024 memberikan kejutan. Pasalnya, Ketua KPU Jember Ahmad Anis tidak masuk dalam pengumuman sepuluh besar hasil seleksi panitia seleksi KPU zona VII yang meliputi sekarkijang (eks Karesidenan Besuki plus Lumajang) dan Probolinggo. Tiga dari sepuluh nama yang dinyatakan lolos dari serangkaian seleksi adalah incumbent.

Sedangkan tujuh orang lainnya yaitu merupakan calon komisioner baru. Bertahannya tiga nama pada sepuluh besar tersebut berdasar pengumuman tim seleksi calon anggota KPU kabupaten zona VII yang meliputi Jember. Tiga calon incumbent Komisioner KPU Jember tersebut yaitu Ahmad Hanafi, Muhammad Syai’in, serta Rima Diana Puspita.

Sedangkan calon Komisioner KPU Jember yang baru ada sebanyak tujuh orang. Masing-masing adalah Achmad Susanto, Akhmad Rudi Masrukhin, Andi Wasis, Barid Ishom, Dessi Anggraeni, Muh. Maftahul Huda, Muhammad Syai’in, Rima Diana Puspita, serta Silistiana Ningsih. Informasi yang berhasil dihimpun, sepuluh nama calon yang telah diumumnya dan dinyatakan lolos oleh tim seleksi yang ditandatangani Prof Dr M Noor Harisuddin, selanjutnya akan diserahkan kepada Komisioner KPU Provinsi Jatim dan KPU RI.

Kesepuluh nama yang lolos akan melalui proses lanjutan yaitu uji kelayakan yang dilakukan Komisioner KPU RI melalui Komisioner KPU Provinsi Jatim. Dari hasil uji kelayakan itu lah, akan diambil lima nama calon untuk ditetapkan menjadi calon anggota Komisioner KPU Jember. “Masih akan ada proses lanjutan,” kata Andi Wasis salah seorang calon komisioner KPU Jember.

Sekadar diketahui, Komisioner KPU Jember periode 2014-2019 yang ikut mendaftar lagi untuk menjadi calon anggota KPU Jember periode 2019-2024 hanya empat orang. Mereka adalah Ahmad Anis, Ahmad Hanafi, Muhammad Syai’in, dan Rima Diana Puspita. Akan tetapi nama Ahmad Anis tidak lolos ke sepuluh besar. Sementara itu, untuk satu komisioner KPU Jember periode 2014-2019, Habib M Rohan tidak ikut mendaftar. Hal itu karena aturan dua periode menjadi komisioner KPU Jember.

Nah, kini kita tunggu, siapa kira-kira yang akan menjadi Komisioner KPu Jember Periode 2019-2024. Apakah tiga nama calon incumbent akan tetap bertahan dan siapa saja wajab baru yang akan masuk menjadi Komisioner KPU Jember. Lima komisioner yang nantinya dipastikan jadi akan dipastikan mengurusi pemilihan calon bupati di Jember pada 2020 mendatang.

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer :

Editor : Rangga Mahardika