Geliatkan Kembali Aerobic

SALING BERBAGI: Tidak melulu senam, saat puasa juga rutin membagikan takjil ataupun makanan seperti di depan Kantor Radar Jember, pekan kemarin.

RADARJEMBER.ID – Dewasa ini, banyak sekali bermunculan senam-senam modern. Namun, senam Aerobic menjadi senam yang paling lama dikenal oleh masyarakat. Lewat aerobic-lah membuat olahraga gerak tubuh ini makin memasyarakat. Kini perkembangan dunia senam semakin beragam. Ada Zumba, Hip Hop Dance, Pound Fit, dan banyak lainya.

Semakin banyak ragam senam pun juga menambah daya tarik masyarakat untuk hidup sehat. Ya pada dasarnya, setiap jenis olahraga termasuk senam baik untuk kesehatan. Walau banyak ragam senam, Sanggar senam putri Jember masih ingin kembali menggeliatkan senam Aerobic.

Nur Jannah, pendiri Sanggar senam Putri Jember mengaku, senam Aerobic ini adalah setiap gerakan untuk melenturkan otot. “Makanya Aerobic itu lebih cenderung disukai orang tua. Sementara zumba lebih banyak anak muda karena ada unsur dance-nya juga,” imbuhnya. Salah satunya untuk membuat Aerobic kembali bergeliat, dia membuat event lomba senam Aerobic 14 Juli mendatang.

EKSIS DULU: Walau sudah ibu-ibu, para anggota Sanggar Senam Putri Jember ini tampak seperti anak muda, termasuk dikit-dikit ada momen selalu selfie.

Sebagai instruktur senam, kata dia, masyarakat juga harus paham tahapan senam. “Pertama harus ikut pemanasan dulu, baru inti. Setelah itu ditutup pendinginan,” katanya. Jika langsung pada gerakan inti, tambah dia, bisa membuat otot itu kaget dan rentan mengalami cidera. “Semua olahraga itu harus diawali dengan pemanasan. Pemanasan itu fungsinya untuk melenturkan otot,” jelas alumnus SMAN 1 Jember ini.

Terkait cara pemanasan, sebetulnya masyarakat banyak yang paham. “Sebelum olahraga dimulai harus pemanasan dulu, sebetulnya banyak yang tahu. Tapi banyak yang tidak dilakukan. Justru yang kurang paham adalah sesi pendinginan,” imbuhnya. Pendinginan senam selalu pada gerakan terakhir atau sesi terakhir.

Gerakannya pun lebih slow, santai, dan rileks. Maksud dan tujuan pendinginan adalah untuk menormalkan kembali denyut nadi setelah melakukan gerakan inti. “Sebaiknya pemanasan dan pendinginan itu harus selalu ada setiap olahraga,” pungkasnya.