Baznas Buka Peluang Sinergi dengan LDII

JALIN SINERGI: Ketua Baznas Jember KH Misbahussalam saat meninjau pengumpulan Baju Barokah untuk duafa. Program itu digagas oleh LDII di Masjid Al Manshurin Patrang.

RADAR JEMBER.ID – Di tengah padatnya kegiatan Baznas Kabupaten Jember menjelang Idul Fitri 1440 H, badan amil zakat itu membuka peluang sinergi dengan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Ajakan bersinergi itu disampaikan Ketua Baznas Kabupaten Jember KH Misbahussalam saat berkunjung ke Kantor LDII di Jalan Langsep Raya Patrang, Sabtu (24/5).

Misbah mengaku senang bisa sosialisasi program Baznas kepada LDII. Dirinya juga mengapresiasi program Baju Barokah yang digagas LDII. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan rutin saat bulan Ramadan kepada para duafa. “Ini adalah bentuk kasih sayang kepada sesama umat Islam dan para duafa. Karena saya yakin tidak semua dari mereka bisa membeli baju baru saat hari raya,” katanya.

Dengan pemberian baju dari LDII ini, Misbah menuturkan, kaum duafa sangat terbantu. Bahkan, mereka merasa bangga dan senang. Sebab, mereka menganggap pemberian itu merupakan bentuk kasih sayang kepada sesama. “Kita harus yakin dengan sering membantu duafa, maka akan selalu dibantu dan selalu disayangi oleh Allah,” ucapnya.

Lebih lanjut Misbah berharap, LDII bisa bersinergi dengan Baznas dan lembaga amil zakat yang lain dalam membantu urusan kemanusiaan. Terutama bagi kaum duafa, mereka yang terkena bencana, orang-orang yang kesusahan, dan mereka yang sakit. “Karena saat ini indeks pembangunan manusia bisa ditingkatkan dengan adanya infak, sedekah, dan zakat yang ditunaikan oleh umat Islam,” paparnya.

Untuk itu, Misbah mengingatkan, para pengurus organisasi kemasyarakatan seperti LDII, lembaga amil zakat maupun Baznas, harus telaten dalam menyadarkan umat untuk membayar zakat. Terutama kepada mereka yang mampu dan wajib berzakat. “Selain itu, zakat yang disalurkan juga harus dikelola secara profesional lewat lembaga resmi penghimpun dan penyalur zakat. Seperti Baznas ini,” pungkas kiai yang juga Wakil Ketua PCNU Jember tersebut.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPD LDII Jember Akhmad Malik Afandi SP. Dia berharap, dalam waktu dekat pihaknya bisa membuat MoU dengan Baznas untuk bekerja sama meningkatkan bantuan kemanusiaan yang ada di Kabupaten Jember. Apalagi, kata dia, visi misi Baznas sejalan dengan LDII, yaitu meningkatkan harkat hidup masyarakat muslim, terutama dalam ekonomi keumatan.

Malik menambahkan, LDII juga memiliki beberapa lembaga Baitul Mal wat Tamwil (BMT) yang siap membantu program-program pengentasan kemiskinan dan menciptakan kemandirian ekonomi umat. Bahkan, LDII juga memiliki tri sukses pembinaan generasi penerus. “Yaitu berilmu, ber-akhlaqul karimah dan mandiri secara ekonomi,” tandas Malik, yang juga pengurus Forum Komunikasi Koperasi Syariah Jawa Timur itu. (*)

IKLAN

Reporter : Mahrus Sholih

Fotografer : Istimewa

Editor : Mahrus Sholih