Dorong Santri Tani Milenial

DISAMBUT RESMI: Sekitar 15 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) disambut secara resmi oleh Dinas Pertanian Bondowoso.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Peran mahasiswa pertanian diharapkan bisa membantu petani secara langsung. Harapan itulah yang disematkan ke pundak sebanyak 15 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Mereka diterjunkan langsung ke Bondowoso untuk membantu para penerima bantuan Kartu Santri Tani Milenial (KSTM) selama sebulan penuh dalam program Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Kedatangan mahasiswa ini disambut oleh Dinas Pertanian (Dispertan) dengan kegiatan seremonial di aula, kemarin. Kepala Dispertan Bondowoso Dwi Wardana yang dikonfirmasi awak media mengatakan, para mahasiswa ini akan tersebar di 21 titik yang sebelumnya telah menerima bantuan-bantuan KSTM. Harapannya, bantuan yang diberikan bisa berkelanjutan dan berkembang pada santri tani milenial lainnya. Para mahasiswa diharapkan bisa menerapkan secara langsung ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

“Pendampingan dari Dispertan, sehingga kita akan membimbing pada mahasiswa tersebut. Karena teori yang mereka peroleh tak akan bisa diterapkan di lapangan apabila tidak didampingi oleh tenaga teknis di Disperta sendiri,” katanya.

Terkait bantuan yang diberikan kepada setiap KSTM, kata Dwi, bantuan-bantuan tersebut telah diterima oleh masing-masing kelompok. Oleh karenanya, mahasiswa Polbangtan ini diterjunkan ke Bondowoso sebagaimana disampaikan oleh Polbangtan yang akan melakukan pendampingan kepada KSTM. Pendampingan melibatkan dinas peternakan wilayah, dan juga melalui program pendampingan dari mahasiswa yang diterjunkan ke masing-masing kelompok.

“Minggu lalu dilaporkan bahwa sudah terdistribusi 21 titik KSTM, 100 persen. Bantuan kandang, ayam, dan pakan juga. Sudah 100 persen. Saya minta pada Polbangtan jangan dilepas begitu saja, tapi juga dilakukan monev, agar tidak sia-sia. Makanya monev itu didukung juga dengan adik-adik yang melaksanakan monev,” tutup Dwi.

Untuk informasi, pada 6 April 2019 lalu Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) me-launching KSTM dari lima kabupaten di Pendapa Bupati Bondowoso. KSTM merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kementan dalam menumbuhkembangkan dan membangun sumber daya manusia pertanian, khususnya yakni peningkatan minat generasi muda. (*)

IKLAN

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : Adi Faizin

Editor : Narto