Saling Berbagi Tips Bisnis

BERBAGI CERITA: Para anggota HIPMI Jember saat diskusi di halaman kantor Jawa Pos Radar Jember.

RADAR JEMBER.ID – Para anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jember membagikan pengalaman mereka dalam memulai berbisnis. Di halaman kantor Jawa Pos Radar Jember, mereka bercerita awal memulai usaha hingga meraih kesuksesan. Sharing pengalaman itu diharapkan bisa memunculkan semangat untuk terus berbisnis.
Ketua HIPMI Jember Agusta Jaka mengatakan, para anggota HIPMI terdiri dari berbagai kalangan. Bahkan hingga tingkat mahasiswa pun ikut bergabung di dalamnya. Di lingkungan kampus, ada pula HIPMI Perguruan Tinggi, seperti di Universitas Jember dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. “Ada yang sebagai kontraktor, pedagang kuliner, dan lainnya,” ucapnya.
Menurut dia, HIPMI selalu konsisten untuk terus memunculkan para pengusaha baru di Jember. Mulai usaha yang paling kecil sekalipun. Semua bersama-sama saling memotivasi dan membantu untuk kemajuan bisnis.
Sebagai contoh, produk Macarina yang dibuat oleh salah satu anggota HIPMI Jember, Helmi Zamrudiansyah, bisa dijadikan contoh. Helmi mampu bangkit dari kebangkrutan setelah memulai usaha baru di bidang makanan. “Kami ingin menjadi perusahaan makanan renyah terbesar di dunia,” katanya.
Diakuinya, peran media cetak cukup besar dalam membantu produk UMKM di Jember. Usaha yang dilakukan oleh mereka perlu diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga memunculkan inspirasi baru untuk memulai bisnis. “Produk saya pernah masuk koran, itu membantu,” terangnya. Untuk itu, dia berharap ada sinergi antara perusahaan media dengan HIPMI. Terutama dalam publikasi kisah inspiratif para pelaku usaha di Jember.
Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Jember, MS Rasyid mengapresiasi ajakan untuk sinergi tersebut. Apalagi, Jawa Pos Radar Jember merupakan koran terbesar di wilayah edarnya. “Untuk itu, sinergi itu bisa dilakukan agar saling menimbulkan manfaat satu sama lain,” pungkasnya. (*)