Ngabuburit di Pinggir Kolam Itu Asyik

NGABUBURIT DI KOLAM: Terlalu asyik memelihara ikan koi membuat Tomy Purwanto malas ngabuburit di luar rumah.

RADAR JEMBER.ID – Setiap orang memiliki cara berbeda dalam menunggu datangnya saat berbuka puasa atau ngabuburit. Ada yang mendatangi pusat-pusat keramaian, ada juga yang kongkow-kongkow bersama teman-teman. Tapi bagi yang memiliki hobi, mereka cenderung menekuni kegemarannya tersebut sembari menunggu datangnya azan Magrib.
Salah satunya adalah Tomy Purwanto, pensiunan PT Telkom Jember. Warga yang beralamatkan di Jalan Kasuari, Lingkungan Gebang Kedawung, Kelurahan Gebang, Kecamatan Patrang ini, malah lebih suka menghabiskan waktu luang di halaman belakang rumahnya memberi makan ikan koi piaraannya.
“Saya kalau puasa suka berlama-lama di pinggir kolam koi. Ketimbang ngabuburit di luar rumah, karena mulai sore biasanya jalanan macet,” ungkap Tomy. Dia mengaku, aktivitas itu tak hanya mengisi waktu luang semata, tapi juga memberi kesenangan tersendiri, utamanya ketika melihat ikan koi tersebut saling sambar berebut makanan.
Di rumahnya, Tomy memiliki 8 kolam koi dari berbagai ukuran. Tujuh di antaranya adalah kolam yang terbuat dari semen. Sedangkan sisanya kolam terpal. Rupanya tak sedikit warga Jember yang ikut ngabuburit di kolan milik Tomy. Mayoritas mereka para pemula pecinta koi. “Jadi, sambil berkonsultasi bagaimana cara membudidayakan ikan asal Jepang ini, mereka juga bisa ngabuburit,” tukasnya.
Pria yang saat ini tercatat sebagai penasihat Jember Koi Club (JeKC) itu mengawali hobinya dari belajar secara autodidak. Baik melalui media sosial maupun buku-buku yang membahas tentang koi. “Saya di rumah menyediakan ikan koi yang siap untuk dinikmati keindahannya. Tanpa harus melalui proses karantina di area Jember,” imbuh Tomy.
Pemilik usaha Bakul Koi itu memaparkan, untuk memelihara dan merawat ikan koi membutuhkan kesabaran dan keuletan tersendiri serta modal cukup besar. Karena kolam koi harus memenuhi standar konstruksi dan standar filterisasi untuk menghasilkan ikan yang sehat. (*)