Hindari Konvoi dan Corat-Coret

 

Pengumuman Kelulusan di Masjid dan Musala

PENGUMUMAN KELULUSAN: Seorang siswa kelas XI SMAN 1 Jenggawah berteriak kegirangan setelah membuka amplop berisi pengumumannya kelulusan di Masjid At Taqwa, Perumahan Griya Wonojati Indah

RADAR JEMBER.ID – Ada yang beda saat pengumuman lulusan di SMA tahun ini, seperti yang dilakukan lembaga SMAN 1 Jenggawah. Untuk menghindari aksi corat-coret dan konvoi, siswa dikumpulkan di dua masjid.

Sebanyak 206 siswa tersebut dibagi di dua titik (masjid) yang ada di Jenggawah. Bahkan, untuk menghindari aksi corat-coret, seluruh baju seragam warga putih abu-abu harus dikumpulkan ke sekolah setelah UNBK.

Oleh karena itu, saat itu juga siswa yang bersangkutan sudah tidak punya seragam putih abu-abu. “Karena biasanya yang dicorat-coret itu seragam putih abu-abu,” ujar Taufik, wali kelas IPA.

Untuk siswa kelas 12 yang datang harus membawa surat sudah menyerahkan seragam ke sekolah. Kalau misalnya lupa, maka surat tersebut tidak akan diberikan. Sehingga siswa itu harus mengambil lagi surat tanda penukaran seragam.

”Amplop kelulusan sudah ada nilai Ujian Nasional dan nilai Ujian Sekolah. Sehingga siswa yang ingin mendaftarkan diri ke perguruan tinggi cukup membawa lembaran tanda lulus itu,” ujar Taufik.

Memang setiap kelulusan selalu beda, sehingga siswa yang dinyatakan lulus itu tidak ada lagi kesempatan untuk melakukan konvoi atau corat-coret. Sebab, baju seragam mereka sudah diserahkan ke sekolah sebelum kelulusan. ”Sehingga seragam yang masih bagus itu bisa dipakai adik-adik kelasnya yang memang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara Ngatminah, Kepala SMAN 1 Jenggawah mengatakan, pengumuman lulusan tahun ini memang beda. Sebab, 206 siswa IPA – IPS ditempatkan di beberapa titik. Di antaranya di masjid dan musala, sehingga ketika anak tersebut lulus maka langsung bersujud syukur.

”Bukan lagi melakukan konvoi tetapi bersyukur mereka telah lulus. Karena lulus itu semuanya dari pertolongan Allah,” ujar Kepala SMAN 1 Jenggawah.

Dua masjid yang ditempati untuk salat itu di antaranya Masjid At Taqwa di Perumahan Griya Wonojati Indah dan di Masjid Raudlotul Jannah Jenggawah. (*)