Pihak yang Tidak Puas Bisa Ajukan Gugatan ke MK

Caleg Terpilih Tunggu Penetapan

RADAR JEMBER.ID – Nama-nama 50 calon anggota legislatif yang akan menduduki kursi DPRD Kabupaten Jember sudah diketahui semua. Apalagi,  hasil rekapitulasi tingkat kabupaten di Hotel Aston juga telah dijabarkan Radarjember.id pada 5 Mei 2019 lalu. Namun demikian, kepastian calon jadi secara resmi masih menunggu penetapan.

Komisioner KPU Jember Habib M Rohan mengungkapkan, rekapitulasi hasil pemilu Jember tingkat KPU Provinsi Jawa Timur berjalan lancar. Menurutnya tidak terjadi perubahan perolehan suara pada masing-masing peserta pemilu, termasuk suara para calon. Oleh karenanya, 50 nama yang sempat diberitakan berdasar hasil rekapitulasi tingkat kabupaten kecil kemungkinan akan meleset.

“Di Jember, secara substantif memang tidak ada perubahan. Hanya hak pilih yang berkaitan dengan saran dan rekomendasi Bawaslu ada sedikit perbaikan. Tetapi, itu tidak berpengaruh pada data perolehan suara,” tegas Rohan, kemarin (14/5).

Meski demikian, KPU Jember tidak secara otomatis mengeluarkan siapa saja nama-nama calon yang terpilih. “Penetapan calon legislatif terpilih, secara by name menunggu proses selanjutnya, dan itu nanti pasti ada instruksi dari KPU RI. Prinsipnya, kita pada hari-hari ini, seluruh pihak, mestinya harus menunggu rekapitulasi berakhir sampai tanggal 22 Mei di tingkat nasional,” paparnya.

Hasil rekapitulasi dari semua tahapan tidak dimungkiri menjadi dasar penetapan nama-nama calon jadi. Akan tetapi, terhadap hasil pemilu tersebut, semua peserta pemilu termasuk caleg bisa mengajukan gugatan apabila kurang puas terhadap semua proses pemilu tersebut.

“Kepada semua pihak, apabila ada hal-hal yang kurang atau kurang pas dan lain sebagainya, boleh mengajukan sengketa pemilu atau pun perselisihan hasil pemilu di MK. Semua bisa mengajukan,” pungkasnya.

Data yang berhasil dikumpulkan, gugatan ke MK terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) bisa dilakukan paling akhir tiga hari setelah ada penetapan. Nah, untuk penetapan hasil pemilu serta nama-nama calon jadi, informasinya akan dilakukan pada 22 Mei Mendatang. Dengan begitu, pengajuan gugatan ke MK paling akhir tanggal 25 Mei 2019.

Sebelumnya sempat diberitakan, potensi partai politik atau calon yang melakukan gugatan PHPU ke MK untuk di Kabupaten Jember sepertinya kecil. Sebab, tahapan serta perselisihan pemilu yang ada di Jember telah terselesaikan pada rekapitulasi tingkat kabupaten. (*)

IKLAN

Reporter : Nur Hariri

Fotografer : nur hariri

Editor : Hadi Sumarsono