Tunggu Pembeli, Pengedar Sabu Gumukmas Disergap

DIRINGKUS: Suryadi Setiawan, 30, menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Reskrim Polsek Umbulsari karena narkoba.

RADAR JEMBER.ID – Polres Jember terus berperang memberantas peredaran narkoba di wilayah Jember. Anggota Polsek Umbulsari meringkus seorang yang diduga kuat sebagai pengedar yang juga pengguna narkoba jenis sabu-sabu.

Suryadi Setiawan, 30, warga Dusun Krebet, Desa/Kecamatan Gumukmas, dibekuk polisi di depan sebuah minimarket ketika hendak transaksi sabu, dini hari kemarin. Dari tangan tersangka polisi menyita satu poket narkoba jenis sabu (paket hemat).

Selain mengamankan satu poket sabu, polisi juga mengamankan 1 unit motor Suzuki Shogun dan satu unit ponsel serta uang tunai Rp 50.000. Setelah dilakukan pemeriksaan dan mengamankan barang bukti, polisi akhirnya menetapkan Suryadi Setiawan sebagai tersangka.

Tersangka sebenarnya sudah lama menjadi target polisi. Sebab, beberapa kali informasi yang masuk, Suryadi sering transaksi narkoba, namun tempatnya selalu berpindah-pindah.

Dari hasil penyelidikan, petugas mendapat informasi tersangka hendak bertransaksi lagi. Gerak-gerik tersangka pun terus dipantau, sampai akhirnya tertangkap.

Kepada polisi, tersangka mengaku bahwa barang haram itu didapat dari temannya, asal Lumajang. Satu poket sabu dibeli dengan harga Rp 500.000. ”Ketika berada di depan minimarket, gelagat tersangka mencurigakan. Saat itu juga tersangka kami sergap,” ujar AKP Sunarto, Kapolsek Umbulsari.

Awalnya, tersangka mengelak bahwa sedang menunggu seseorang untuk transaksi narkoba. ”Namun, dirinya tidak bisa mengelak ketika petugas menemukan bungkusan kertas putih yang di dalamnya ada serbuk kristal putih,” ujar Kapolsek Umbulsari.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan ketika mengetahui ada orang yang sedang bertransaksi narkoba. ”Atau, jangan coba-coba dengan narkoba,” pungkas Sunarto. (*)

IKLAN

Reporter : Jumai

Fotografer : jumai

Editor : Hadi Sumarsono