Berdiri Dua Bulan, Langsung Tatap Kejurprov Binaraga U-21

Kirim Dua Binaragawan Terbaik

RADARJEMBER.ID – Meski mulai memasuki bulan puasa, kalangan atlet dan penggiat olahraga di Bondowoso masih tetap menjalani pembinaan berupa latihan dan seleksi. Salah satunya seperti di cabang olahraga (cabor) binaraga yang berada di bawah naungan Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI).

“Kita persiapan untuk Kejurprov Binaraga U-21 di Bojonegoro. Sebelumnya, even terakhir yang kita ikuti adalah di Bali Open Gianyar,” ujar Muh Farhan, salah satu atlet Binaraga yang juga instruktur dan pengurus PABBSI  Bondowoso.

Berbeda dengan kategori umur lainnya, untuk cabor binaraga di kategori umur U-21 persaingan antar daerah relatif merata. Hal ini karena minimnya atlet binaraga yang sudah “jadi” pada kisaran usia di bawah 21 tahun. “Pembinaan untuk atlet binaraga itu berdasarkan pengalaman saya sebagai instruktur, setidaknya butuh waktu antara 5 sampai 6 tahun guna membentuk otot. Kalau untuk memenuhi kategori U-21, maka setidaknya pembinaan sudah harus dilakukan sejak umur SMP. Anak SMP ikut binaraga di mana-mana masih jarang,” ujar Farhan.

Dalam Kejurprov nanti, Bondowoso mengirimkan dua atlet di bawah usia 21 tahun. PABBSI Bondowoso mengaku tidak mematok target muluk-muluk, meski tetap serius mempersiapkan atlet-atlet binaannya guna mengharukan nama Bondowoso. “Kita kirim Pras dan Reza. Mereka sudah intens berlatih sejak sebulan lalu,” terang Farhan.

Sebenarnya, tidak hanya binaraga yang dipertandingkan. Sesuai namanya, PABBSI secara nasional membawahi sub cabang olahraga binaraga, angkat besi, dan angkat beban. Selain itu, yang terbaru, kini juga ada sub cabang body contest yang merupakan varian dari binaraga. “Tapi di Bondowoso kita cuma baru kirim binaraga. Kadang juga body contest. Karena memang masih baru,” jelas Farhan.

Secara resmi, PABBSI Bondowoso baru berdiri sejak 2 bulan terakhir. Kehadiran PABBSI juga untuk mengakomodasi geliat olahraga ekstrem ini yang mulai marak di Bondowoso. Tercatat, setidaknya ada empat pusat kebugaran yang merupakan basis dari olahraga binaraga, angkat berat, dan angkat besi. (*)

IKLAN

Reporter : Adi Faizin

Fotografer : adi faizin

Editor : Narto