Yuk Daftar Gus Ning

DAFTAR GUS NING: Yasmin, siswa SMAN 3 Jember tertarik mengambil formulir pendaftaran Gus Ning Jember 2019 saat CFD di Alun-Alun Jember

RADAR JEMBER.ID – Sehat, bugar, dan tentu mengasyikkan jadi cara tersendiri para Gus Ning Jember menyosialisasikan pendaftaran Gus Ning 2019 seperti car free day (CFD) Alun-Alun Jember, kemarin (14/4). Ya, saat ini Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) Jember kembali membuka pendaftaran Gus Ning 2019. Kamu mau?

Dalam sosialisasi tersebut begitu memantik perhatian masyarakat. Para Gus Ning Jember itu juga turut senam bersama dengan warga. Setelah senam, mereka juga memainkan musik dan turut menyebarkan leaflet Gus Ning 2019.

Yasmin bersama temannya, Teguh, siswa SMAN 3 Jember, mulai tertarik mengambil formulir pendaftaran Gus Ning Jember 2019. “Saya lihat, jadi Gus Ning itu menarik, karena banyak ilmu yang didapat dan tentunya ingin mengenalkan Jember dari sisi pariwisatanya,” terang Yasmin.

Kepala Dispar Jember Anas Ma’ruf yang juga turut hadir di tengah-tengah CFD mengatakan, pariwisata menjadi potensi Jember yang tidak boleh melupakan dan harus terus dipromosikan. Sehingga, Dinas Pariwisata (Dispar) kembali membuka pendaftaran Gus Ning Jember 2019 untuk mengenalkan secara luas pariwisata Jember lewat Gus Ning sebagai duta wisata.

Menurut Anas, tren anak muda di era digital seperti ini berbeda dengan dulu. Artinya, Gus Ning Jember ke depan juga mampu menerapkan teknologi sebagai salah satu media promosi wisata Jember. Pada intinya, kata dia, tugas Gus Ning Jember ini adalah duta Jember dalam hal pariwisata, sehingga lewat Gus Ning inilah para pemuda Jember turut melestarikan budaya tradisional, seperti mengenal lebih jauh Jember sebagai bumi Pandhalungan.

Lewat Gus Ning, tambah Anas, setidaknya jadi tren positif pemuda Jember untuk bergerak bersama-sama mengenalkan potensi Jember. Anas mengaku, Jember ini kaya dan banyak pihak tertarik berkunjung ke Jember.

Terlebih lagi sejak dulu Jember sudah terkenal dengan produk hasil perkebunan. Semisal cerutu, cokelat, kopi, dan lainya. “Produk seperti itu juga bisa jadi pariwisata tersendiri,” terangnya.

Dia mengaku, sosialisasi di CFD dengan senam tersebut ide dari para Paguyuban Gus Ning Jember. Senam ini ide mereka. “Jadi, dalam sosialisasi di CFD juga bersama dengan duta batik, duta kampus dari Universitas Jember (Unej), duta pendidikan, dan GenRE,” katanya.

Ika Aulia, duta Kampus Unej mengaku bahwa Paguyuban Jember dalam sosialisasi pendaftaran Gus Ning Jember 2019 cukup paham bagaimana bisa menarik simpatik masyarakat. Apalagi senam, tambah mahasiswa kedokteran ini, sebagai budaya hidup sehat yang baik. (*)

Reporter : Dwi Siswanto

Fotografer : dwi siswanto

Editor : Shodiq Syarief