Mahasiswa Bergerak Bersihkan Pantai dari Sampah Laut

RADARJEMBER.ID – Sampah Laut masih menjadi musuh bersama dalam penanganan keberadaan sampah. Sampah sendiri merupakan bentuk dari belum adanya kesadaran msyarakat dalam menjaaga kelestarian lingkungan. Miris akan hal itu, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Jurusan S1 Manajemen Universitas Jember lakukan aksi bersih-bersih pantai.

Yunio Dwi Arizki selaku ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, menyebutkan aksi tersebut dilaukan di pantai-pantai selatan dijember seperti payangan dan papuma. Bibir pantai masih banyak ditemukan sampah yang berserakan. Selain tak enak dilihat juga merusak lingkungan. “Hari ini kita dapatkan sampah puluhan Kantoong plastik besar, “ujarnya.

Dwi menjelaskan, rasa lelah tak sebanding dengan hasil, yaitu pantai terlihat teekurangi sampah. Berkesinambungan dengan kegiatan tersebut juga diadakannya penanaman pohon mangrove. “Mendorong agar masyarakat dan kita bisa lebih prihatin dan peduli terhadap lingkungan kita, “tutunya.

Selain bisa berdampak kesehatan terkait kebersihan lingkungan. Dalam acara ini Dia mengharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup untuk perbaikan lingkungan di pesisir pantai dan juga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : istimewa

Editor : Dzikri Abdi Setia