Hari Ketiga UNBK Paket C

Peserta Keluar Masuk Kamar Mandi

BINGUNG: Mastuki, salah satu peserta UNBK Paket C, tampak serius saat mata ujian Bahasa Inggris di ruang laboratorium SMAN 1 Jenggawah.

RADAR JEMBER.ID – Ada saja sikap peserta ketika menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket C hari ketiga, Minggu (14/4) kemarin. Mulai dari komat-kamit sendiri sambil membaca soal, bolak-balik ke kamar mandi, sampai hanya memandangi soal yang terpampang di layar komputer.

Seperti Mastuki, 50, hanya bisa memandangi soal Bahasa Inggris dan Pendidikan Kewarganegaraan di komputernya. Tangan kanan yang seharusnya sudah memegang mouse, urung digerakkan. Bahkan, sesekali melihat komputer yang ada di depan peserta ujian lainnya.

Tak hanya itu, entah apa penyebabnya, banyak peserta ujian yang terpaksa izin untuk ke kamar mandi. Faruq, salah satu peserta ujian mengaku nggreges dan terus-menerus ingin buang air kecil. Hal yang sama juga dialami salah satu peserta yang tengah hamil muda.

Ujian yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kartini, Tempurejo, ini diikuti sekitar 50 peserta. Dari jumlah tersebut, sebagian sudah berusia di atas 50 tahun. “Untuk peserta yang usianya 50 tahun ke atas terpaksa ikut ujian Paket C karena untuk sudah persyaratan di tempat kerjanya saja,” ungkap Sirat, ketua PKBM Kartini.

Sama halnya dengan ibu-ibu yang ikut ujian ini. Sebab, sebagai staf desa, mereka harus punya ijazah setaraf SMA. “Hal tersebut menjadi persyaratan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Jumai

Fotografer : Jumai

Editor : Lintang Anis Bena Kinanti