Penarikan Uang Kecil Meningkat

TUKAR UANG: Siklus peningkatan penarikan uang di KPwBI Jember meningkat. Padahal biasanya, peningkatan ini terjadi menjelang hari raya.

RADARJEMBER.ID –  Penarikan Uang Pecahan Kecil (UPK) yang dilakukan oleh perbankan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Wilayah Jember meningkat. Dibanding tahun 2018 lalu, peningkatan penarikan ini mencapai Rp 58,98 persen. Tahun 2018 lalu, penarikan mencapai Rp 23,04 miliar. Sampai awal April kali ini sudah Rp 36,63 miliar.

Febriana, Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KpwBI Jember mengatakan penarikan uang yang dilakukan perbankan itu uang pecahan kecil mulai dari nilai Rp 20 ribu ke bawah. “Ada yang Rp 5 ribu hingga Rp 2 ribu,” ujarnya.

Menurut dia, tak hanya penarikan uang dengan nilai rupiah kecil, namun penarikan uang rupiah besar juga meningkat. Pada  triwulan I tahun 2018, penarikan rupiah mencapai Rp 2,23 triliun. Lalu meningkat menjadi Rp  2,38 triliun pada tahun 2019 ini.

 “Uang pecahan besar itu mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 50 ribu,” tuturnya. Hingga 11 April 2019, kata dia, total penarikan uang kecil sebanyak Rp 60,10 miliar. Sedangkan total penarikan uang besar sebanyak Rp 2,93 triliun.

Febrina menjelaskan, siklus peningkatan penarikan uang di KPwBI Jember terjadi menjelang hari raya. “Namun, penarikan UPK sejak Oktober 2018 meningkat terus, terutama uang logam,” terangnya.

UPK itu meliputi Rp 1.000, Rp 2.000 hingga Rp 20 ribu. Namun, penarikan dari perbankan itu untuk memenuhi permintaan retailer untuk penggunaan sehari-hari. “Kami sudah punya perkiraan, kebutuhan lebaran itu memang naik tinggi,” ujaranya.

Diakuinya, UPK naik tinggi sesuai proyeksi BI  lebih dari 55 persen. Apalagi, sekarang mau menjelang puasa dan hari raya lebaran. “Kalau informasi dari Bank, penukaran sudah banyak yang narik,” tuturnya.

Namun penukaran uang rusak yang dilakukan di BI masih normal, tidak ada peningkatan. BI sendiri  melayani penarikan uang dari perbankan, bukan penukaran uang, kecuali uang rusak.

Penarikan uang ke BI, kata dia, dengan cara menyampaikan proyeksi bulanan. Sebelum melakukan penarikan, melalui beberapa tahapan untuk penarikan keesokan hari. “Sementara peningkatan cenderung terkonsentrasi di weekend,” tandas Febrina.

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : dwi siswanto

Editor :