Hore, Ada Dua Objek Wisata Baru

WISATA BARU: Pemkab mendukung adanya wisata baru di Bondosowo. Dua hari, Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso meresmikan dua objek wisata baru. 

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Ada dua objek wisata baru di Bondowoso. Keduanya diresmikan Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, Sabtu dan Minggu. Dua Wisata itu adalah Wisata Tirta Agung di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin dan Bukit Wisata Luih (WBL) di Desa/Kecamatan Tapen.

Dua wisata baru itu dimunculkan pemerintah desa. Melalui dana desa (DD), pemerintah desa mengeksplorasi potensi desa dan memunculkan untuk objek wisata. Bupati Salwa memberi apresiasi penuh pada pemerintah desa. “Kami bangga karena pemdes telah berhasil menggali potensi desa,” terangnya.

Menurut Bupati Salwa, keberhasilan itu akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa. Sebab, ketika ada wisata, maka akan ada kunjungan, akan ada multiplier effect. Masyarakat bisa mengunduh berkah. Mereka bisa berjualan, bisa membuat area parkir dan lain sebagainya. “Saya bangga kepada pemerintah desa, dan bagi masyarakat tolong ikut menjaga jangan merusak alam,” jelasnya.

Pertama, wisata Tirta Agung adalah wisata yang dibangun di tanah kas desa dengan luas sekitar 3 hektare sejak 7 April 2018. Wisata Tirta Agung menawarkan wisata alam desa. Berupa sumber mata air alami yang dikemas dengan nuansa kolam ikan dan kolam renang. Selama ini, tempat ini sudah ramai dikunjungi. Masyarakat bisa makan bersama keluarga di atas kolam ikan.

Kedua, Wisata Bukit Luih merupakan wisata desa yang dibentuk Pemerintah Desa Tapen. Wisata ini sangat baru, yakni masih mulai Januari 2019. Walau baru, nuansanya yang asyik menjadikan tempat ini banyak dikunjungi masyarakat. “WBL ini baru dibangun sekitar 2 bulan lalu. Alhamdulillah sekarang sudah bisa diresmikan oleh bupati,” jelas Rita Iriani, Kepala Desa Tapen.

Tingkat kunjungan wisatanya pun telah mencapai 2.000 pengunjung. Namun, hasil retribusi itu masih digunakan untuk keperluan pembangunan sarana dan prasana. “Hasil itu kita masih gunakan untuk biaya pembangunan. Ke depan kita masih akan melakukan pengembangan-pengembangan agar WBL makin menarik,” ujarnya. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : istimewa

Editor : Narto