HMJM Unej Canangkan Aksi Tanam Pohon Mangrove

RADARJEMBER. ID – Mangrove merupakan salah hal penting di pesisir pantai. Sepanjang pesisir utara yang terkenal arus pantai yang besar, karenanya keberadaan hutan mangrove sangat dibutuhkan. Beberapa pantai di Jember yang terkenal dengan pantai arus yang besar yaitu pantai payangan. Karena hal itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Jember bentuk gerakan peduli lingkungan Restoration of Living Mangrove (RESOLVE). Sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Menurut Yunio Dwi Arizki, ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen, agar pemuda di era millenial ini juga tidak hanya senang menikmati keindahan alam yang ada saja dengan foto-fotonya, namun juga harus menjaga kebersihan, kelestarian pantai dan penghijauan. “Bahu membahu menjaga lingkungan kita, “ucapnya.

Dalam Program kerja yang ada ini bisa mulai membangun kesadaran untuk menyadarkan pemuda dalam hal melestarikan ekosistem yang ada.Dalam membuat unikan acara dikemas dengan melakukan kegiatan bersih pantai yang di aplikasikan dalam outbound. Sekitar 70 mahasiswa yang hadir pun nampak senang dan bersemangat. Selain di pantai panyangan gerakan tersebut dilakukan diberapa titik pantai di Jember seperti panta papuma.

Ia berharap melalui kegiatan ini baik dari mahasiswa dan masyarakat juga sadar bahwa pelestarian alam sangan penting untuk keberlangsungan kehidupan kedepan. Terlebih lagi Pohon mangrove yang sebagai pelindung di garis pantai juga dapt membaantu dalam mencegah erosi patai, absrasi pantai, dan pencemaran lingkungan pantai. “Ayo kita mulai dari sekarang, kita bergerak selamatkan kehidupan kedepannya, “ajaknya.

Reporter : Nurul Azizah

Fotografer : istimewa

Editor : Dzikri Abdi Setia