Hanya Enam Tim Yang Promosi Ke Liga II

SIAP IKUT KOMPETISI: Seleksi pemain Persid terus dilakukan menjelang Liga III Jatim yang akan diputar mulai 24 Juli mendatang. Namun demikian, manajemen belum menemukan komposisi yang pas.

RADARJEMBER.ID – Semua tim Liga III Jawa Timur yang harus merangkak dari zona provinsi tampaknya kembali berjuang lebih keras lagi. Sebab, mereka harus berjibaku melewati beberapa zona. Mulai zona provinsi, lalu naik lagi ke zona regional pulau Jawa seperti tahun lalu. Apabila, target mereka benar-benar ingin promosi ke Liga 2 tahun 2020 mendatang.

Di babak 32 besar pun hanya enam tim yang mendapat tiket lolos ke Liga II tahun berikutnya. Tentu, ini menjadi tantangan cukup besar bagi klub zona provinsi, contohnya Persid Jember.

Untuk Liga III zona Jawa Timur sendiri, akan mulai diputar tanggal 24 Juli mendatang. Keputusan tersebut dikonfirmasi oleh sekretaris Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur, Amir Burhanuddin.

“Jadi pertimbangannya karena terbentu waktu puasa dan ada agenda Porprov yang baru berakhir 13 Juli,” papar pria yang akrab dipanggil Amir ini.

Pihak Asprov Jatim juga sudah menimbang benar jadwal tersebut. Apalagi, total ada 50 klub Jawa Timur yang berlaga di kompetisi amatir tahun ini. Baik mulai dari zona provinsi, zona pra nasional maupun yang sudah menunggu di babak 32 besar nasional. “Jadi kami rasa jadwal tersebut sudah waktu yang pas,” jelas Amir.

Saat ini, Asprov juga sedang melakukan verifikasi keabsahan semua klub. Mulai dari pendaftaran, administrasi dan persyaratan lainnya. Agenda terdekat untuk Liga 3, pertengahan bulan Mei mendatang, akan dilakukan technical meeting serta bimbingan teknis di beberapa bidang. Yang nantinya, untuk mendukung dan melancarkan Liga 3 zona provinsi tahun ini.

Selain itu, Asprov Jatim yang masih diketuai Ahmad Riyadh ini masih akan mempertahankan beberapa sponsor musim lalu. Juga, pihaknya bakal menjajaki sponsor untuk live streaming. Karena, pertandingan Liga 3 sendiri dua musim terakhir tak disiarkan televisi lokal maupun nasional.

Sementara itu, menanggapi jadwal kick off Liga III Jatim, Persid Jember masih memiliki waktu yang cukup. Sebab, tim berjuluk Macan Raung ini sudah mengadakan proses seleksi pemain tiga pekan belakangan di Stadion Notohadinegoro. Tentu, waktu yang ada harus bisa dimanfaatkan dengan baik, dengan terus menyeleksi dan segera membentuk kerangka tim.

“Kami masih punya waktu. Kalau memang pemain seleksi masih kurang kualitasnya, kami coba seleksi pemain Jember lainnya. Atau kalau bisa datangkan pemain dari luar kota,” papar Achmad Jainuri, pelatih kepala Persid.

Reporter : Muchammad Ainul Budi

Fotografer : Muchammad Ainul Budi

Editor : Hadi Sumarsono