Tiket Kereta Gratis Sehari

CUMA-CUMA: Warga saat melakukan pemesanan tiket di stasiun kereta api Daop IX Jember.

RADARJEMBER.ID – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) IX Jember memberlakukan tiket gratis selama satu hari. Yakni pada Sabtu, 23 April 2019 mendatang. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN ke-21.

“Ini juga sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api,” kata Manajer Humas PT KAI Daop IX Jember Luqman Hakim, kemarin. Menurut dia, upaya itu juga untuk mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan moda transportasi umum ketika bepergian.

“Pada 23 April, tiket tarif 0 rupiah alias gratis,” tambahnya. Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta api tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show atau saat pelaksanaan.

Beberapa kereta api dengan tiket gratis di Daop 9 Jember meliputi KA Pandanwangi yang dalam sehari berjumlah 4 kali perjalanan. Terdiri atas 2 kali berangkat dari Stasiun Jember pada jam 05.15 dan 15.30 serta berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada jam 10.00 dan 20.30 WIB.

Rangkaian KA Pandanwangi terdiri atas 6 kereta kelas ekonomi dengan total berjumlah 636 tempat duduk. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk KA lokal kapasitas angkut adalah 150 persen dari jumlah tempat duduk.

“Penumpang KA Pandanwangi keberangkatan Stasiun Jember jam 15.30  juga  diberikan makanan khas Jember suwar-suwir dan prol tape,” jelasnya. Jumlahnya mencapai 600 paket secara gratis dan akan dibagikan di Stasiun Jember setelah penumpang  melaksanakan proses boarding.

Melalui kegiatan tersebut, Lukman berharap agar masyarakat semakin mencintai transportasi kereta api. Sebab, lebih efektif dalam bepergian, tepat waktu, dan harga yang terjangkau. “Minat warga untuk menggunakan kereta api cukup tinggi,” tandasnya.

Reporter : Bagus Supriadi

Fotografer : Dokumen Radar Jember

Editor : Hadi Sumarsono