Olah Jadi Makanan yang Bisa Sembuhkan Darah Tinggi

Inovasi Baru di Balik Membeludaknya Buah Naga

SEHAT BERGIZI: Haris dan kawan-kawannya mengolah buah naga jadi makanan yang baik untuk kesehatan.

RADARJEMBER.ID -Tergabung dalam Perusahaan Pemula Berbasis Inovasi (PPBI), di bawah payung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, dengan mencampurkan rempah-rempah, mereka menyulap buah naga menjadi beragam olahan makanan nan lezat dan menyehatkan. Seperti apa?

”Ini khasiatnya bagus lho. Salah satunya, bisa menurunkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi,” kata Ahmad Haris, kemarin. Dia memang membuat inovasi baru, mengolah buah naga jadi olahan makanan yang menggiurkan.

Mahasiswa strata 2 (S-2) Teknologi Agroindustri Universitas Jember ini awalnya mengaku prihatin dengan kabar banyaknya buah naga yang dijual murah. Bahkan, sering terbuang akibat banyaknya stok di pasaran. ”Karena harga jual yang sangat murah, akhirnya membuat petani mengalami kerugian yang cukup besar,” jelasnya.

Berangkat dari fenomena tersebut, Ahmad Haris bersama teman-temannya berinovasi untuk memanfaatkan potensi alam tersebut. Namun, sebelumnya ia telah melalui beragam studi literasi. ”Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan,” tutur Haris.

Setelah ada pengkajian khusus, pertama kali yang dia lakukan adalah memeriksa kandungan yang ada dalam buah naga. Hal itu diperlukan agar mampu membuat racikan yang pas untuk dicampur dengan bahan-bahan lain. “Setelah itu, kita baru bisa menentukan bahan campurannya apa saja,” jelasnya.

Pasca pengkajian khusus, diketahui bahwa buah naga ternyata banyak mengandung manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Yakni memiliki zat antioksidan tinggi. Tentu hal itu menjadi kelebihan tersendiri dibandingkan dengan buah yang lainnya. “Secara ilmiah, zat itu memiliki kelebihan untuk menambah antibodi. Tentu itu akan sangat baik bagi kesehatan kita,” paparnya.

Untuk menghasilkan makanan olahan buah naga yang berkhasiat, Haris dan teman-temannya memilih rempah jenis kayu manis sebagai campuran. Pemilihan bahan tersebut bukan tanpa alasan, karena kayu manis memiliki banyak kelebihan.

“Kayu manis memiliki sifat aroma yang khas. Jadi, sangat berguna juga sebagai aroma makanan nantinya,” ujarnya.

Selain beraroma harum, kayu manis juga memiliki beberapa manfaat. Salah satunya mampu mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi, bahkan tidak hanya itu saja. Manfaat lain dari kayu manis juga mampu meningkatkan kinerja otak. Hal itu karena bau alami yang keluar dari kayu tersebut.

Dari campuran rempah dan buah naga tersebut, Haris dan teman-temanya akhirnya mampu mengolah jadi beragam olahan siap konsumsi. Mulai dari aneka minuman, pia, dan bubuk hasil ekstraksi buah naga. Masing-masing olahan tersebut memiliki kandungan yang sama. “Bahan dasar dari beberapa produk itu juga sama, hanya saja tingkat kreativitas pengolahannya yang berbeda,” ucapnya.

Dia sendiri tak pelit berbagi tips. Bagi yang ingin mencoba membuat minuman tersebut, hanya perlu mengambil sari buahnya saja. Setelah itu, sari buah tersebut dipanaskan sampai mendidih, selama 5-10 menit. ”Satu panci ukuran 1 kilogram hanya membutuhkan 5 gram kayu manis saja,” pungkasnya.

Reporter :

Fotografer : Rifai

Editor : Hadi Sumarsono