Enam Bandit Sapi Tertunduk Lesu

MALU: Salah satu anggota komplotan pencuri sapi sedang memeragakan menuntun sapi yang berhasil dibawa dari kandangnya.

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Setelah tertangkap polisi, wajah para bandit yang selama ini garang saat beraksi mencuri sapi, jadi tertunduk lesu. Itu terlihat saat rekonstruksi yang digelar oleh Polres Lumajang, Selasa (09/4) sore kemarin. Selama ini, komplotan bandit pencuri sapi itu meresahkan warga Dusun Tabon, Desa Bades, Kecamatan Pasirian. Enam dari sembilan tersangka komplotan bandit pencuri sapi menunjukkan peran dan tugasnya masing-masing saat melancarkan aksi kriminalitasnya.

Busiri alias Sunar yang diduga menjadi salah satu aktor pencurian sapi mengatakan, aksinya dilancarkan secara bergerombol. Masing-masing temannya memiliki peran yang berbeda. “Perannya masing-masing berbeda,” kata Busiri di hadapan awak media.

Saat beraksi, pelaku membawa senjata tajam berupa celurit. Aksi tengah malam yang dilancarkan dengan membobol tembok kandang sapi di belakang rumah korban terlebih dahulu. Setelah berhasil, dia merusak pintu kandang sehingga sapi akhirnya bisa dibawa keluar.

Beberapa temannya sebagian melakukan pengawasan yang tidak jauh dari area kandang sapi. Sapi yang berhasil digondol kemudian dibawa menyusuri jalan di area semak-semak hingga akhirnya bisa keluar dari desa. “Awalnya tembok kandang sapi dibobol. Lalu merusak pintu kandang, dan menuntun sapi ke jalan bersemak,” ungkapnya.

Usai rekonstruksi, Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban menuturkan bahwa dia akan terus memberantas komplotan pencuri sapi di Lumajang. Termasuk masih terus memburu tiga anggota komplotan maling sapi yang hingga kini masih dalam pengejaran.

“Saya akan berantas komplotan pencuri sapi. Tim Cobra Polres Lumajang kini terus memburu dan menangkap para pelaku. Kita akan ciptakan Lumajang yang aman, kondusif, dan nyaman dari segala gangguan,” tuturnya.

Bahkan, dalam statement penutupnya saat diwawancarai, kapolres meminta kepada tiga para pelaku yang kini buron dan masuk daftar pencarian orang (DPO) agar segera menyerahkan diri. Hal ini untuk memudahkan mereka sendiri dalam menjalani hidup dan hukuman jika masih tetap bersikeras bersembunyi maupun melarikan diri.

“Kami akan terus kejar para pelaku. Sebaiknya menyerahkan diri. Sampai kemana pun pasti kita kejar. Hukuman lebih berat sudah menanti. Instruksi tindak tegas bagi pelaku kriminal akan membuat jera,” ancamnya. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : ahmad jafin

Editor : Narto