Dilepas Wabup Irwan Bachtiar, Pemilu Run 2019 Sukses

Ikrom Pelari Tercepat

CATAT WAKTU TERBAIK: Pelari dengan nomor dada 531, Moch Ikrom, menyentuh garis finis Pemilu Run 2019 dengan catatan waktu tercepat sekitar 19 menit.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Pemilu Run 2019 yang diselenggarakan KPU Bondowoso melahirkan juara atas nama Mochamad Ikrom. Pelari dengan nomor dada 251 ini berhasil mencatatkan waktu tercepat 25 menit. Ikrom menyentuh garis finis Pemilu Run 2019 paling depan. Baru diikuti ratusan pelari lain.

Ratusan peserta lari ikut meramaikan acara Pemilu Run 2019 yang dipusatkan di Alun-Alun RBA Ki Ronggo Bondowoso, Minggu pagi kemarin (7/4). Sebagian besar peserta lari adalah anak-anak muda atau kaum milenial. Pemilu Run dilepas oleh Wakil Bupati Bondowoso H Irwan Bachtiar Rachmat SE MSi pukul 06.45.

Begitu dilepas, para pelari langsung tancap gas. Mereka berlari dengan jarak tempuh jarak 5 kilometer. Dengan rute meliputi Alun-Alun RBA Ki Ronggo, Jalan Ahmad Yani, Jalan Santawi, Jalan Pelita, Jalan DI Panjaitan, Jalan Letnan Sudiono (Jalan Olah Raga), Jalan Mayjen Sutoyo (Jalan Bungur), Jalan Ahmad Yani, dan kembali finis ke Alun Alun RBA Ki Ronggo. Tak hanya orang dewasa, ada juga peserta lari yang masih berusia sekolah dasar. Namun, ada juga peserta yang berusia bapak-bapak.

Setelah 25 menit berlari, Moch Ikrom paling cepat menyentuh garis finis. Disusul oleh Umar Ali Satyan sebagai juara 2, dengan nomor dada 557, dan Asyono sebagai juara 3, dengan nomor dada 532. Sedangkan bagi kelompok putri, juara pertama diraih oleh Uzlifatul Jannah, disusul oleh Fitriyah Tri Agustiningsih sebagai juara 2 dan juara 3 diraih oleh Lailatul Berlian. Keenam pelari tercepat ini mendapatkan hadiah medali dan uang pembinaan. Selain itu, ke-17 peserta lari yang masuk finis tercepat mendapatkan medali.

Wabup  Irwan Bachtiar kepada Radarjember.id mengaku mengapresiasi kegiatan Pemilu Run 2019. Sebab, kegiatan lari yang melibatkan masyarakat Bondowoso baru pertama digelar oleh KPU dan Jawa Pos Radar Jember. “Selain untuk sosialisasi tentang pemilu, kegiatan ini menyehatkan masyarakat. Karena peserta berlari sejauh 5 kilometer, ini membutuhkan stamina yang prima,” katanya.

Wabup melihat, ratusan peserta yang sebagian pesertanya adalah anak-anak muda membuatnya bangga. ”Karena anak-anak muda Bondowoso sehat. Selain itu, saya berharap kepada kaum milenial dan masyarakat Bondowoso yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019,” terangnya.

Ketua KPU Bondowoso Hairul Anam dalam kata sambutannya ikut mengapresiasi para pelari dan  masyarakat yang datang ke Alun-Alun RBA Ki Ronggo. ”Tujuan Pemilu Run 2019 ini untuk sosialisasi pemilu. Kami berharap masyarakat yang punya hak pilih untuk datang ke TPS untuk mencoblos. Jangan golput,” katanya.

Selain itu, Hairul Anam mengatakan, dalam pemilu 2019 ini, masyarakat memilih atau mencoblos capres dan cawapres RI, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota.

Dalam kegiatan Pemilu Run 2019, selain Wabup Irwan Bachtiar Rachmat, tampak hadir Wakapolres Bondowoso Kompol David, Dandim 0822 Letkol Tarmuji SAg, Kepala Bakesbangpol Ahmad Prajitno, perwakilan dari Bank Jatim Bondowoso, serta masyarakat Bondowoso yang ikut meramaikan kegiatan tersebut. Direktur Jawa Pos Radar Jember Abdul Choliq Baya ikut mendampingi anggota forkuminda Bondowoso. (*)

Reporter : Eko Saputro

Fotografer : dwi siswanto

Editor : Narto