Pemilih Pemula Antusias Ikut Pemilu Run

ANTUSIAS: Para pelajar dari SMAN 1 Tenggarang siap meramaikan Pemilu Run 2019.

RADARJEMBER.ID – Pemilih pemula yang berstatus pelajar di Kota Tape, Bondowoso, begitu antusias ikut meramaikan lomba lari Pemilu Run 2019 yang digelar 7 April nanti. Termasuk para pelajar SMAN 1 Tenggarang yang Selasa (2/4) kemarin datang ke kantor Jawa Pos Radar Ijen untuk mengambil kaus Pemilu Run.

Mereka mengaku sangat antusias untuk mengikuti lari yang menempuh jarak lima kilometer itu. Apalagi, para pelajar yang usianya rata-rata 17 tahun itu sudah berhak ikut mencoblos pada 17 April 2019.

Sekretaris KPU Bondowoso Joko mengatakan kepada Jawa Pos Radar Ijen, para pelajar yang usianya minimal 17 tahun diwajibkan untuk mencoblos pada pemilu 2019.” Karena batasan minimal adalah 17 tahun. Marilah gunakan haknya untuk mencoblos,” katanya.
Pemilu 2019 adalah ajang untuk memilih presiden RI, anggota DPD RI, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten. “Jadi, ada 5 surat suara yang akan dicoblos,” katanya.

Selain itu, kata Joko, dalam lomba lari yang menempuh rute, Alun-Alun RBA Ki Ronggo, Jalan A Yani, Jalan Santawi, Jalan Pelita, Jalan Panjaitan, Jalan Olah Raga, Jalan Bungur, Jalan A Yani, dan finis ke alun-alun itu akan diikuti sekitar 1.000 peserta. “Diharapkan acara ini sukses dan peserta yang ikut sesuai dengan data yang mendaftar di Radar Ijen,” katanya.

Selain itu, dalam acara yang digelar pada 7 April nanti, panitia akan mengundang masyarakat umum untuk hadir dalam acara sosialisasi Pemilu 2019. ”Kami berharap masyarakat menggunakan hak pilihnya dan jangan golput,” katanya.
Sementara itu, peserta yang belum menukar kaus, dipersilakan untuk segera menukar kaus. ”Silakan menukar kaus pada jam kerja,” ujar Eko Saputro, salah satu anggota panitia Pemilu Run 2019.

Reporter : Eko Saputro, Solikhul Huda

Fotografer : Eko Saputro

Editor : Narto