Apel Puncak Peringatan HPSN 2019 di Lumajang

Bunda Indah Ajak Masyarakat Cintai Lingkungan

BERSIH ITU INDAH: Wabup Lumajang Indah Amperawati mengajak masyarakat setempat untuk menjaga lingkungan.

RADARJEMBER.ID – Lingkungan yang bersih nan asri menjadi dambaan setiap orang. Karena tak hanya indah dipandang, namun juga membuat nyaman. Untuk itulah, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan.

Ajakan itu disampaikannya di acara apel puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, yang dipusatkan di kawasan Pasar Baru Lumajang, Jumat (15/3) pagi.

Apel ini juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Lumajang, ASN, TNI, Polri, organisasi masyarakat hingga pelajar. Usai mengikuti apel, mereka terlihat serempak melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan.

Bunda Indah sapaan akrab Wakil Bupati Lumajang, juga mengajak kepada semua elemen untuk mencintai lingkungan. Ini, kata dia, sebagai wujud bahwa masyarakat Lumajang memiliki kepedulian menjaga kesehatan diri, yang berawal dari lingkungan yang bersih.

“Kita bertekad menyelamatkan lingkungan. Menjaga kebersihan sebagai wujud rasa sayang terhadap lingkungan. Ketika menyayangi lingkungan, maka lingkungan pun juga akan menyayangi kita,” tutur Wabup.

Diakuinya, saat ini pengelolaan sampah di Kabupaten Lumajang sudah cukup bagus. Ini karena gerakan bank sampah di Lumajang mulai masif, dan mendapat tempat di hati masyarakat. Oleh karenanya, dia mengapresiasi keterlibatan warga dalam mengurangi polusi sampah dengan aktif di bank sampah.

“Adanya bank sampah memberi manfaat kepada masyarakat. Seperti sampah anorganik yang bisa di jual ke bank sampah,” imbuhnya.

Bahkan secara khusus, Bunda Indah juga menginstruksikan kepada pihak terkait memantau kebersihan lingkungan, dan segera mencabut gambar caleg yang dipasang di pohon tepi jalan. Termasuk juga sejumlah gambar iklan yang tertancap di tempat yang sama.

Wabup menilai, pohon sangat memberi manfaat besar terhadap lingkungan. Di samping sebagai penghasil oksigen bagi manusia. Oleh karenanya, kualitas pohon yang berada di tepi jalan juga harus dijaga. Salah satu caranya dengan membersihkan dari hal-hal yang bisa memperpendek usia pohon.

“Keberadaan pohon sangat penting bagi kelestarian lingkungan. Manfaat besar oksigen, kualitas pohon harus terjaga,” pungkas Bunda Indah.

Pada kegiatan tersebut Wabup juga memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah di Kabupaten Lumajang. Lembaga sekolah ini dinilai sudah mendukung program pemerintah meningkatkan kebersihan lingkungan. (*)

Reporter : Ahmad Jafin

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Mahrus Solih