Ira Fazira

Tertarik Kelas Pertanian

LUMAJANG RADAR JEMBER.ID – Bercocok tanam dan merawat tanaman merupakan hal yang tak mudah jadi kegemaran. Sebab, kebanyakan dilakukan oleh laki-laki. Namun, tidak bagi Ira Fazira. Dia justru kepincut sejak kecil dengan dunia pertanian.

Siswi kelas 11 Jurusan Pertanian SMK Negeri 1 Tekung ini awalnya bingung akan masuk jurusan apa. Itu terjadi saat dia lulus dari SMP. Lama-kelamaan, akhirnya dia tertarik dengan jurusan pertanian. Itu dirasakan karena dia ingin memahami dan mempunyai pengalaman yang baik di bidang pertanian.

“Karena aku ingin memahami dan belajar bagaimana cara menanam dan merawat tanaman yang benar. Serta ingin mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang tinggi, khususnya di bidang pertanian,” ujar perempuan yang akrab disapa Ira tersebut.

Sejak masuk di pertanian, banyak sekali pelajaran dan pengetahuan yang didapatkan. Seperti menanam tanaman di dalam botol (kultur jaringan), agribisnis tanaman (kewirausahaan), cara budi daya dan merawat tanaman, memproduksi hasil tanaman, menciptakan varietas baru, dan sebagainya.

Dia sangat senang ketika praktik di luar kelas. Karena menurut dia, jurusan pertanian ini gampang-gampang susah. Perempuan yang saat ini tinggal di Desa Tekung ini mempunyai cita-cita tak jauh dari pengalaman yang dia dapat di SMK. Dia ingin menjadi guru pertanian.

“Saya ingin membagikan ilmu yang saya dapat di SMK, khususnya tentang ilmu pertanian kepada orang lain. Supaya ke depannya bisa mejadi petani yang berinovasi. Bukan sekadar petani yang mampu mempraktikkan namun sedikit pengetahuan,” ungkap perempuan kelahiran 24 September 2001 ini.(*)

Reporter : Hafid Asnan

Fotografer : Hafid Asnan

Editor : Narto