Pokmas Diberi Izin Kelola Lahan 35 Tahun

KELOLA LAHAN : Salah satu tim penyelenggara memaparkan peraturan menteri di hadapan puluhan kelompok yang hadir sore ini.

RADARJEMBER.ID – Puluhan kolompok masyarakat (pokmas) kawasan hutan di Jember bakal mendapatkan izin pengelolaan lahan. Lahan yang dimaksud merupakan milik negara yang dikelola oleh Perhutani. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.83 tentang Perhutanan Sosial.

Sesuai peraturan itu, izin kelola tersebut diberikan selama 35 tahun. Selain hak pengelolaan lahan, juga terdapat hak pemanfaatan hasil lahan. Untuk Kabupaten Jember terdapat 31 kelompok pengusul. Kelompok ini nantinya yang akan mendapat hak dalam pengelolahan lahan negara tersebut.

Namun, tak semua kelompok bisa mendapatkan izin. Karena terdapat syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh masing-masing kelompok. “Kalau ada pelanggaran dari mereka (kelompok), maka akan dicabut izinnya,” ujar Syafda Ruswadi, Kasubdit Pemolahan Perhutanan Sosial di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dia mengungkapkan, perizinan tersebut dikhususkan untuk P.39 atau kawasan hutan di wilayah Jawa. “Di Jember untuk lahan yang kelola sangat luas. Tapi semua akan sesuai prosedur,” imbuhnya. (*)

Reporter : Pradini Anjar Agustin

Fotografer : Pradini Anjar Agustin

Editor : Mahrus Solih