Antusiasme Ikut Pemilu Run Tinggi

Hari Pertama Banjir Pendaftar

MEMBELUDAK: Masyarakat semangat mendaftar event lari Pemilu Run di hari pertama, kemarin. Bahkan, sudah ratusan masyarakat mendaftar.

BONDOWOSO RADAR JEMBER.ID – Pemilu Run 2019 adalah event KPU Bondowoso untuk masyarakat. Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan ini. Terbukti, ratusan masyarakat telah mendaftar di hari pertama pendaftaran, kemarin (13/3). Hal itu karena ada kuota 500 pendaftar mendapat fasilitas kaus.

Para pendaftar ini silih berganti mendatangi Kantor Jawa Pos Radar Ijen, Bondowoso, di Jalan MT Haryono nomor 47 (depan kantor KUA Bondowoso). Mereka cukup membawa fotokopi KTP. Selain itu, syarat minimal adalah berumur 17 tahun dan terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Divisi SDM dan Parmas KPU Lilik Ernawati mengatakan, adanya beberapa syarat peserta itu karena tujuan dari event ini adalah mendongkrak partisipasi masyarakat. KPU Bondowoso mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut sembari menggelorakan semangat untuk menyalurkan hak suaranya di TPS nanti. “Kami berharap, event ini bisa menjadi salah satu motivasi masyarakat untuk menyalurkan suaranya,” jelasnya.

Dijelaskannya, KPU RI memiliki target partisipasi masyarakat 77,5%. Tentunya KPU Bondowoso juga memiliki target minimal yang sama. Namun, harapannya bisa lebih tinggi lagi. Karena itu, sosialisasi menjadi bagian yang penting untuk mendongkrak partisipasi masyarakat.

KPU mendesain sosialisasi dengan beragam bentuk. Salah satunya dengan melakukan lomba lari. Event ini tentu diperuntukkan bagi mereka yang hobi lari. Sebab, peserta harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer dalam event ini. Tentunya event lari berbeda sensasinya dengan jalan-jalan sehat.

Sementara Akhmad Mulyadi, Manager Event Radar Jember yang menjadi penyelenggara mengatakan, pihaknya mengemas acara dengan semenarik mungkin. Peserta tinggal menyiapkan diri secara fisik. Sebab, akan ada hadiah menarik bagi yang juara. “Kami menyediakan hadiah bagi tiga finisher pertama kategori perempuan dan laki-laki, selain itu masih ada door prize lainnya,” terangnya.

Pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam pendaftaran. Panitia menyiapkan kaus untuk 500 pendaftar pertama. Selain itu, masyarakat bisa tetap daftar sampai batas 1000 peserta. Hanya saja, tidak dapat kaus. Peserta mendapatkan nomor urut lari. (*)

Reporter : Solikhul Huda

Fotografer : Solikhul Huda

Editor : Narto