Kafe Dongkrak Penjualan Kopi Lokal

MAKIN DISUKAI: Kopi lokal kini merajai kafe di Jember. Karena, selain digemari pelanggan, kualitas kopi juga dinilai tak kalah dengan kopi luar daerah.

RADARJEMBER.-ID– Keberadaan kafe di Kabupaten Jember tidak dipungkiri ikut meningkatkan pamor kopi lokal. Karena tempat tongkrongan anak muda yang kini banyak tersebar di kawasan Jember itu lebih memilih menjual kopi lokal. Mereka beralasan, kopi lokal muda didapat, stoknya melimpah, dan harganya lebih murah ketimbang kopi dari luar daerah.

Hal itu dibenarkan Ide Bagus Rilo Pamuji, pemilik kafe di Jalan Bengawan Solo Jember. Selain itu, kata dia, kopi lokal memiliki citarasa cukup enak dimata penikmat kopi. “Saya memakai kopi lokal Argopuro dan Baban, alhamdulilah disukai oleh penikmat kopi dari kalangan pelajar dan mahasiswa,” jelas Bagus.

Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Jurusan Manajemen Industri itu, mengaku bakal tetap menggunakan kopi lokal. Alasannya, pengunjung di kafe miliknya kecanduan kopi lokal. “Saya selalu memiliki persediaan kopi lokal. Apalagi saat malam Minggu, pengunjungnya melebihi hari biasa,” imbuhnya.

Pemuda lajang kelahiran Banyuwangi ini, memang memiliki kepedulian terhadap kopi lokal Kabupaten Jember. Itu bisa dilihat dari kiprahnya selama ini dalam mengenalkan kopi lokal. Selain membuka kafe, ia juga menjual kopi lokal melalui aplikasi daring. (*)

Reporter : Winardyasto

Fotografer : Winardyasto

Editor : Mahrus Solih