Targetkan Angka Kemiskinan Turun Jadi 9%

DITARGETKAN TURUN: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memberi keterangan kepada sejumlah wartawan, usai memaparkan target penurunan angka kemiskinan di hadapan PKH Lumajang.

DITARGETKAN TURUN: Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memberi keterangan kepada sejumlah wartawan, usai memaparkan target penurunan angka kemiskinan di hadapan PKH Lumajang.

RADARJEMBER.ID – Pemerintah terus berupaya menekan angka kemiskinan. Meskipun hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2018, tingkat kemiskinan secara nasional mengalami penurunan di angka 9,66%. Kendati begitu, angka ini dinilai masih tinggi, sehingga perlu upaya semua pihak untuk menguragi angka kemiskinan tersebut.

Saat berkunjung ke Lumajang, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak semua jajaran yang ada di daerah untuk meningkatkan kinerja, demi memenuhi target pemerintah. Menurutnya, target pemerintah pada akhir tahun 2019 mendatang angka kemiskinan bisa ditekan mencapai angka 9%, atau bahkan lebih rendah lagi.

Maka dari itu, kata dia, hendaknya pencapaian yang telah diraih selama 2018 itu tidak membuat semua pemangku kepentingn berpuas diri. “Melainkan harus dijadikan pemacu semangat agar lebih baik lagi,” katanya, saat menghadiri acara sosialisasi penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di GOR Wira Bhakti Lumajang, Senin (11/3) siang. Acara ini juga dihadiri Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Guna mencapai target tersebut, Agus Gumiwang menjelaskan, saat ini sejumlah penguatan program bantuan sosial sudah dibahas secara intensif oleh pemerintah. Di sisi lain, penggunaan dana bantuan yang diberikan melalui program PKH selama ini juga harus dioptimalkan. Utamanya bagi kebutuhan dasar masyarakat, seperti kesehatan dan pendidikan.

“Harapannya, agar lebih bijak dalam mempergunakan dana bantuan sosial, utamanya yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan dan kesehatan. Karena sangat tidak tepat jika dana itu digunakan untuk keperluan konsumtif,” jelasnya.

Di lain pihak, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menilai, program pemerintah pusat dalam mendorong kesejahteraan masyarakat di daerah sangat terasa. Tak hanya itu, anggota PKH Lumajang juga dinilainya mampu mengembangkan program. sehingga berdampak terhadap kemandirian masyarakat. “Baik kepada pendamping, maupun anggota PKH itu sendiri,” tuturnya.

IKLAN

Reporter : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Fotografer : Humas Pemkab Lumajang for Radarjember.id

Editor : Hafid Asnan